1.Console scaled

Alternatif Cara Mengatasi tty1 yang Tertimpa console.

Beberapa bulan ini, saya mengalami hal random pada tty1 saat selesai boot pada distro Debian. Hal random yang saya maksud adalah tty1 yang tertimpa oleh console, yang menyebabkan tty1 tidak muncul. Sedangkan, untuk tty2 sampai tty6 masih berjalan seperti biasa. Kurang lebih tampilannya seperti ini.

1.Console

Biasanya, setelah boot akan muncul tty1, bukan console.

Apa pengaruhnya ?

Beberapa pengaruh yang saya rasakan yaitu

  1. Tidak bisa meluncurkan window manager dan desktop environment dari command line.
  2. Tbsm (terminal based session manager) tidak berjalan, karena memerlukan tty untuk berjalan.

Selain itu, mungkin tidak ada masalah. Saya masih bisa login, namun tetap saja perlu diperbaiki agar kembali seperti semula.

20230830 06h37m29s grim

Gagal meluncurkan WM / DE saat berada di console / bukan tty1.

Bagaimana cara mengatasinya ?

Setelah mencari beberapa referensi dan informasi, saya baru menemukan satu cara yang ampuh untuk mengembalikan tty1. Caranya yaitu dengan restart / menjalankan ulang layanan getty@tty1. Berikut adalah perintah yang bisa kita jalankan.

$ sudo systemctl restart getty@tty1Code language: Shell Session (shell)

Setelah perintah di atas kita jalankan, biasanya tty1 akan aktif dan bisa kita gunakan lagi. Namun, ada kalanya setelah perintah di atas dijalankan, tty1 menjadi blank dengan tampilan pointer (_) yang berkedip-kedip. Jika mengalami hal itu, kita perlu me-restart layanan getty@tty1 sekali lagi. Perintah yang dijalankan masih sama seperti yang sebelumnya.

$ sudo systemctl restart getty@tty1Code language: Shell Session (shell)

Berikut ini adalah tampilan ketika tty1 sudah berjalan kembali.

3.tty

tty1 sudah kembali.

Cara yang lain ?

Sebenarnya ada beberapa cara yang lain, hanya saja setelah saya coba ternyata belum membuat tty1 bisa muncul kembali. Mungkin jika kamu memiliki cara yang lain dan ampuh, bisa berbagi di kolom komentar ya ?

Penutup.

Demikian tadi, satu alternatif cara untuk mengatasi tty1 yang tertimpa console. Semoga bisa membantu kamu yang mungkin mengalami hal yang sama. Jika kamu punya cara yang lain, jangan sungkan untuk berbagi. Sekian, terima kasih dan sampai berjumpa pada bahasan selanjutnya !

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *