image 48

Alternatif Frontend GUI Yang Menarik Dicoba

Frontend adalah antarmuka pengguna yang menjadi bagian dari program. Program dengan frontend yang buruk membuat pengguna beralih dan ada juga yang membuat alternatifnya. Berikut adalah kurasi frontend alternatif yang menarik dicoba.

Invidious

Invidous adalah alternative frontend yang memungkinkan menonton Youtube. Pihak pengembang memusatkan perhatiannya terhadap privasi, mereka memastikan pengguna tidak termata-matai oleh Google. Invidious dibuat dengan bahasa Crystal dan didistribusikan secara gratis di bawah lisensi AGPL-3. Menariknya, API Youtube tidak digunakan di sini.

image 49

Meskipun tidak di Youtube, kamu masih bisa merasakan fitur subtitle. Menonton di Invidious lebih nyaman karena bebas dari gangguan iklan dan berjalan tanpa Javascript. Ada fitur Audio-only dan mengunduh langsung video di sana. Selain itu, pengguna dapat membuat playlist dan berlangganan ke channel tanpa akun Youtube.

Kamu bisa mencoba Invidious di daftar penyedia layanan atau memasang langsung di server kamu.

Libreddit

Libreddit adalah frontend alternatif berbasis rust dan bersifat sumber terbuka untuk Reddit dengan pengetatan privasi. Libreddit dapat bekerja tanpa Javascript. Ketika Reddit melacak penggunanya, sedangkan Libreddit tidak sama sekali.

image 50

Adalah instansi libredd.it yang sering digunakan. Selain itu, kamu bisa memasang Libreddit di server kamu. Saya sering menggunakan Libreddit demi menghindari pemblokiran Reddit. Jadi tidak perlu lagi VPN dan mengatur DOH.

Nitter

Nitter adalah alternatif frontend khusus Twitter. Berfokus pada privasi, Nitter mencegah pemantauan IP saat menggunakannya. Kamu bisa menjelajahi cuitan pengguna Twitter tanpa menggunakan akun Twitter dan iklan – iklan menganggu dengan Nitter. Jika dibandingkan dengan Twitter resmi, Nitter lebih ringan.

image 51

Pengembang tidak menggunakan API resmi dari Twitter, sehingga mustahil Twitter menuntut Nitter. Nitter akan cocok untuk pengguna yang menghargai privasinya. Frontend ini masih bisa bekerja, meskipun kamu mematikan Javascript. Tersedia fitur RSS feeds, kamu bisa mengikuti akun tertentu dengannya.

Nitter bisa diakses di nitter.net.

ProxiTok

Pernahkah kamu sebal karena mengharuskan login akun ketika menonton video Tiktok? Lain kali gunakan ProxiTok.

ProxiTok adalah frontend alternatif pada umumnya untuk Tiktok. Di sini kamu bisa melihat lini masa pengguna, trending, discovery, dan melihat video sesuai ID-nya. Saya kira cukup untuk memenuhi kebutuhannya.

image 52

Tertarik mencoba? Silahkan coba ProxiTok di instansi favoritmu atau pasang sendiri di servermu.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *