Arduino IDE di Linux: Lancar kayak di Sebelah!

Arduino IDE di Linux: Lancar kayak di Sebelah!

Beruntung kita bisa menggunakan Arduino IDE di Linux tanpa perlu virtualisasi. Mari kita bahas cara pemasangannya!

Arduino IDE di Linux

Alhamdulillah saya keterima di jurusan Teknik Elektro. Usut punya usut, ada pelajaran tentang Arduino. Katanya sih kita butuh aplikasi bernama Arduino IDE buat ngoding dengan Arduino. Dengan Arduino IDE, kamu bisa ngoding dan mengunggah hasil kodingan ke mesin Arduino IDE.

Ketika mengetahui Arduino IDE, saya sedikit bingung: apakah Arduino IDE mendukung Linux dan termasuk program sumber terbuka? Saya takut jika tidak bisa dipasang pada Linux. Percayalah, memasang Windows jauh melelahkan daripada Linux.

Beruntungnya pihak Arduino mendukung Linux sehingga saya tak lagi was-was. Pada situs Arduino, aplikasi tersedia dalam bentuk .appimage. Jika kamu tidak suka, kamu dapat mencarinya pada repositori distro Linux milikmu. Sejauh ini saya menemukan Arduino yang dipaketkan pada distro Debian dan Arch Linux.

Cara Install Arduino IDE di Linux

Buka situs arduino.cc, lalu klik Linux AppImage 64-bit. Tunggu proses pengunduhan. Jika sudah, tekan berkas AppImage Arduino dan aplikasi akan terbuka.

2023 07 25 22 31

Jika tidak suka AppImage dan anda pengguna Debian, langsung unduh lewat repositori

$ sudo apt install arduino

atau pengguna Arch Linux bisa pasang juga lewat repositori.

$ sudo pacman -S arduino

Tampilan Arduino IDE di Linux sedikit berbeda di Windows. Namun, jangan khawatir karena fungsinya sama saja, sejauh pengalaman saya.

Arduino IDE di Linux: Lancar kayak di Sebelah!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *