vadim bogulov MfBnqUOz qY unsplash

Beberapa Hal yang Dilakukan setelah Memasang Void Linux Base

Void Linux Base bersifat kosongan setelah diinstall. Tidak ada browser, tidak ada office, dan lain – lain. Hari ini kita akan membahas apa yang harus dilakukan setelah memasang Void Linux Base. Void Linux Base bersifat kosongan setelah diinstall.

Xorg & Desktop Environment atau Window Manager?

Setelah memasang Void Linux Base, kamu akan dapat tampilan terminal (tty). Tidak perlu takut, itu normal. Tahap selanjutnya adalah kamu harus mengunduh Xorg dan desktop environment, seperti KDE, XFCE, MATE, dan lain – lain;window manager, misalnya Openbox, dwm, dan masih banyak lagi.

$ sudo xbps-install xorg mate mate-extra
Code language: Shell Session (shell)

Memasang LibreOffice

LibreOffice adalah aplikasi office yang didisribusikan secara gratis dalam lisensi MPL-2.0. Kamu tidak perlu meributkan lisensi lagi setelah menggunakan Libre Office. Selama ini saya sudah mengarungi setiap tugas dengan LibreOffice. Jarang saya menemukan masalahnya ketika membuka dokumen yang dibuat dari Microsoft Office.

$ sudo xbps-install libreoffice
Code language: Shell Session (shell)

Memasang Web Browser

Web browser adalah aplikasi esensial. Salah satu browser yang sering digunakan di Linux adalah Firefox. Kamu bisa memasang Firefox di Void Linux dengan cara ini.

$ sudo xbps-install firefox
Code language: Shell Session (shell)

Atau jika kamu sudah terbiasa dengan Chromium-based, bisa memasang Chromium.

$ sudo xbps-install chromium
Code language: Shell Session (shell)

Sedang mencari browser lain? Artikel Lima Aplikasi Browser di GNU/Linux wajib dibaca.

Memasang Klien Email

Sebagian orang berkutat dengan email. Di Void Linux, kamu bisa memasang Thunderbird sebagai klien email. Selain itu Thunderbird menawarkan fitur sinkronisasi kalendar, IRC, XMPP, Matrix, dan umpan berita.

$ sudo xbps-install thunderbird
Code language: Shell Session (shell)

Memasang Pemutar Media

MPV adalah pemutar media cross platform dengan banyak fitur, seperti GPU video decodingHigh quality video output, dan lain – lain. Saya memasang pemutar ini dalam desktop. MPV tidak butuh banyak depedensi, sehingga cocok bagi pengguna pecinta kesederhanaan.

$ sudo xbps-install mpv
Code language: Shell Session (shell)

Memasang Pemutar Musik

Saya menggunakan Audacious sebagai pemutar musik di Void Linux. Audacious memiliki antarmuka yang mudah dipahami dan mendukung berbagai format media, seperti MP3, FLAC, ACC, OGG.

$ sudo xbps-install audacious
Code language: Shell Session (shell)

Memasang Penampil Dokumen

Evince adalah aplikasi buatan Tim Gnome Foundation untuk memenuhi kebutuhan membaca dokumen. Jangan takut tidak membuka format tertentu, karena Evince mendukung .cb7, .cbr, .cbt, .cbz, .djvu, .djv, .dvi, .oxps, .xps, .pdf, .ps, dan .tiff.

$ sudo xbps-install evince
Code language: Shell Session (shell)

Tidak cocok dengan Evince? Saya pernah membahas Tiga Aplikasi Pembaca PDF di GNU/Linux. Sila dibaca jika kamu mencari inspirasi lain.

Memasang Sound Server

Void Linux kamu tidak akan muncul suara ketika memutar berkas audio sampai kamu memasang sound server. Adalah Pulseaudio yang menjadi sound server standar di distro Linux. Jika kamu tidak ingin ribet, pasang saja Pulseaudio.

$ sudo xbps-install pulseaudio
Code language: Shell Session (shell)

Namun, ada program lain bernama Pipewire yang menawarkan latensi rendah dan pengalaman terbaik untuk mendengarkan musik. Pemasangan Pipewire tidak sesederhana Pulseaudio. Tetapi jangan risau, saya sudah bahas cara sederhana memasang Pipewire di Void Linux.

Memasang Utilitas Jaringan

Void Linux menggunakan wpa_supplicant sebagai mengatur koneksi Wi-Fi. Bagi saya, wpa_supplicant tergolong rumit. Lebih baik menggunakan Network Manager yang menyediakan antarmuka TUI. Tetapi kembali lagi, semua menurut selera pngguna.

$ sudo xbps-install NetworkManager
Code language: Shell Session (shell)

Memasang Penampil Gambar

Feh adalah penampil gambar sederhana. Aplikasi ini juga bisa menetapkan gambar background pada desktop kamu.

$ sudo xbps-install feh
Code language: Shell Session (shell)

Memasang Pengelola Berkas

Thunar adalah program pengelola berkas yang biasa hadir di Xfce Desktop Environment. Tampilannya mirip pengelola berkas di Windows dan mudah dipahami.

$ sudo xbps-install Thunar
Code language: Shell Session (shell)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: