Berkenalan dengan GTK+

Sebelum memulai belajar mengenai GTK+ ada kiranya kita mulai dari perkenalan. Seperti pepatah bilang tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta oleh karena itu, jika kita ingin mencintai sesuatu maka kenalilah terlebih dahulu. Berlaku pula dengan GTK+ ini, jika kita sudah mengenalinya kemungkinan akan ada sedikit rasa cinta yang membuatnya akan semakin penasaran. Jika sudah penasaran, maka kemungkinan pula kita akan terus menerus menggali, mengetahuinya lebih dalam.

Sebetulnya tulisan ini merupakan tulisan lama saya, di situs yang saya bangun dengan Jekyll di GitHub Pages yakni gtkplus.github.io. Saya pikir, lebih baik dipindahkan di sini saja, daripada saya membuat situs lagi karena di sini juga membahas semua pemrograman.

Apa itu GTK+?

GTK+ kependekan dari (GIMP Toolkit Plus) adalah sebuah pustaka untuk menciptakan berbagai macam aplikasi GUI (graphical user interface), yang menawarkan satu set lengkap widget.

Dapat Berjalan di manakah GTK+ ini?

GTK+ dapat berjalan hampir di seluruh sistem operasi komputer seperti Unix-like (GNU/Linux), Windows dan MacOS, bahkan pula pada pada perangkat mobile (lihat screenshotnya ).

Bahasa Pemrograman apa saja yang didukung GTK+?

GTK+ pada dasarnya adalah pustaka yang diperuntukan bahasa pemrogaman C berbasis objek orientasi, dengan bahasa tersebut memungkinkan fleksibelitas penuh. Pustaka GTK+ ditulis pula dalam banyak bahasa pemrograman lainnya termasuk C++, Objective-C, Guile/Scheme, Perl, Python, TOM, Ada95, Free Pascal, Eiffel dan lain sebagainya (lihat https://www.gtk.org/language-bindings.php).

Bagaimana dengan lisensinya?

GTK+ adalah bagian dari proyeksi GNU, dirilis di bawah naungan GNU Library General Public License 2.1 (GNU LGPL 2.1), memungkinkan untuk digunakan oleh semua pengembang (developer), termasuk yang mengembangkan perangkat lunak proprietary, tanpa biaya lisensi atau royalti.

Poin utama yang dapat kita ambil dari GTK+ adalah:

  • GTK+ merupakan sebuah pustaka atau fremework yang mana dengan demikian mempermudah programmer untuk menciptakan suatu aplikasi desktop GUI.
  • GTK+ cross-platform artinya aplikasi dengan GTK+ dapat diterapkan diberbagai sistem operasi khusus untuk komputer yakni seperti Unix-like (GNU/Linux), Windows, dan MacOS.
  • GTK+ pada dasarnya pustaka untuk bahasa pemrogaman C berbasis objek orientasi, namun karena fleksibelitasnya GTK+ ditulis pula dalam bahasa pemrogaman terkenal lainnya.