security ssl

Buat Sertifikat SSL Untuk Localhost Tanpa Banyak Konfig

Pada saat kita membangun website secara lokal, mungkin kita gak mikirin mau https atau http, pokoknya yang penting jalan. Lain hal jika kamu ingin buat semacam authentikasi mungkin perlu https.
Seperti yang telah kita ketahui, agar browser dapat memanggil web dengan https maka perlu adanya sertifikat SSL.

Nah, sertifikat SSL itu bisa kita buat cukup menggunakan openSSL. Permasalahnnya kalau kamu baru pertama kali pakai ini, kamu akan keribetan dengan konfigurasinya.

Oleh karena itu kita butuh sebuah tools yang mana bisa membuat sertifikat SSL dengan mudah tanpa banyak konfigurasi. Yakni dengan bantuan mkcert

Apa itu mkcert ?

Mkcert adalah aplikasi atau tools sederhana pembuat sertifikat SSL tanpa perlu banyak konfig.

Aplikasi ini ringan, cepat, gak banyak membutuhkan dependensi dari luar dan yang paling penting cross-platform yakni kamu bisa pakai diberbagai sistem operasi.

Cara pasang mkcert

Cara pasangnya khusus pengguna GNU/Linux aja ya … Meskipun tadi saya bilang mkcert itu bisa jalan diberbagai sistem operasi.

Dan anggap saja kamu pengguna distro Ubuntu, kenapa? Karena ini distro yang cukup banyak dipakai oleh kalangan pengguna GNU/Linux. Hehehe

Persiapan

Sebelum memulai pastikan kamu sudah memasang gitgolang dan nss-tools.

Untuk pemasangannya kamu bisa ikuti caranya di bawah:

$ sudo apt install -y golang git libnss3-tools

Clone Repository

Kalau sudah semua dipasang, kamu bisa langsung clone repository dari mkcert dengan cara berikut:

$ cd /tmp
$ git clone https://github.com/FiloSottile/mkcert.git

Kenapa kita mesti pindah ke direktori /tmp ? Saya rasa source code-nya gak perlu kita pakai kalau nanti sudah di-compile. Makanya saya letakan di direktori /tmp.

Build

Setelah semua di-clone, selanjutnya kita compile. Oh, iya pastikan juga golang disistemmu sudah terpasang dengan benar ya.

$ cd mkcert
$ go build -ldflags "-X main.Version=$(git describe --tags)"

Dan tunggu sampai selesai. Biasanya cepat kok proses compile mkcert cuma beberapa menit saja.

Pindahkan ke Global

Kalau sudah selesai kamu meng-compile mkcert. Selanjutnya kita pindahkan ia ke direktor /usr/bin agar bisa diakses secara global alias bisa diakses dari mana saja.

$ sudo mv mkcert /usr/bin/

Penggunaan

Nah! Baru deh kita cobain si mkcert.

Sebelum buat sertifikat. Pastikan kita sudah pasang root sertikasi agar si browser kaya Firefox atau Google Chrome bisa mengautorisasi sertifikat SSL tersebut biar valid gitu.

Tanda valid sertifikat kaya gini:

Firefox Valid SSL

Chrome Valid SSL

Buat Root Sertifikat

Sudah tau kan kalau SSL valid di browser itu bagaimana? Nah, makanya perlu pasang dulu root certificate-nya. Begini nih caranya:

$ mkcert -install

Buat Sertifikat Persite

Sekarang untuk sertifikat websitemu. Contohnya nih web kamu beralamat di http://situs.local mau kamu buatin sertifikat SSL-nya. Caranya gampang banget cukup pakai perintah kaya gini:

$ mkcert situs.local

Lihat rekaman di atas, ada dua buat file sertifikat. Buat apa itu? Gunanya ya buat sertikat file yang nantinya dipake dikonfigurasi Apache atau Nginx kamu.

Cara pakainya gimana? Nanti ya diartikel selanjutnya. Karena fokus tulisan ini cuma sampe buat sertifikat SSL aja. Hehehe

Oh iya, perlu kamu ketahui bahwa perintah di atas bisa dipake untuk multiple sites loh. Tinggal tambahin aja. Contoh kamu mau biknin situs-a.localsitus-b.localsitus-c.local.

Caranya ya sama aja kaya gini:

$ mkcert situs-a.local situs-b.local situs-c.local

Terus kalau mau bikin sertifikat SSL wildcard? Tinggal tambahin bintang aja bang, gini nih:

$ mkcert *.situs.local

Gampang banget kan? Oh jelas ..

Jadi dengan begini gak ada lagi alesan kamu gak bisa bikin https di-localhost buat webmu. Udah 2022 kok masih ribet hehehe.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *