situsali coa win7

Cara Mendapatkan Product Key Windows dari GNU/Linux

Saya pernah mengatakan bahwa Windows 8 hingga versi ke atas, Microsoft telah menanamkan product key-nya atau CoA di dalam BIOS pada laptop atau PC yang memiliki Windows bawaan (Bundling of Mircrosoft Windows). Sehingga CoA tidak lagi menggunakan stiker yang berlabel serial number. Dengan demikian, kita tidak perlu khawatir lagi kehilangan CoA karena stiker rusak, sedang pada saat itu, kita membutuhkannya untuk menginstal ulang Windows.

Yang menjadi permasalahan adalah ketika kita sudah melakukan upgrade, otomatis serial number akan berganti tidak sama dengan serial number sebelumnya (baca: Mengatasi Gagal Aktivasi Windows 8/8.1 Ketika Di Downgrade atau Solusi Gagal Aktivasi Windows 10 OEM (Error Code 0xc004f014)). Mungkin masalah seperti tersebut bisa kita atasi dengan aplikasi bernama Produkey. Dengan aplikasi Produkey, kita bisa melihat serial number / product key yang berada dalam BIOS, dengan demikian kita dapat mengembalikan SN ke semula.

Kita melihat masalah di atas hanya dapat di atasi jika kita sudah memasang Windows. Bagaimana jika masih sistem operasi kita kosong? Cara termudah yakni kita tinggal install saja Windows-nya lalu buka Produkey, kemudian ganti SN-nya. Cara lainnya menggunakan GNU/Linux dari Live CD atau USB flashdisk. Sesuai judul artikel, kita akan membahas menggunakan live GNU/Linux.

Hal pertama yang kita lakukan yakni booting ke GNU/Linux, jika sudah berada di GNU/Linux, langsung saja buka Terminal. Lalu ketik perintah di bawah ini:

$ ls /sys/firmware/acpi/tables/
Code language: Shell Session (shell)

Perintah di atas bertujuan untuk memastikan apakah komputer Anda menggunakan CoA yang tertanam dalam BIOS atau tidak. Jika Anda melihat berkas bernama MSDM berati CoA Windows tertanam di BIOS. Lihat contoh tangkapan layar di bawah:

situsali oemsn ss1

Nah, jika sudah demikian tinggal kita lihat saya serial number nya menggunakan xxd perintahnya seperti berikut:

$ sudo xxd /sys/firmware/acpi/tables/MSDM
Code language: Shell Session (shell)
situsali oemsn ss2

Lihat contoh tangkapan layar di atas, sudah terlihat bukan serial number Windows, tinggal dicatat saja. Selain menggunakan xxd cara lain yang lebih mudah dan lebih human readable kita bisa menggunakan hexdump adapun perintahnya seperti berikut:

$ sudo hexdump -s 56 -e '"MSDM key: " /29 "%s\n"' /sys/firmware/acpi/tables/MSDM
Code language: Shell Session (shell)

Hasilnya akan seperti gambar di bawah ini:

situsali oemsn ss3

Sumber

Artikel Terkait

2 responses to “Cara Mendapatkan Product Key Windows dari GNU/Linux”

  1. Isnu Avatar

    Wah sangat berfaedah

  2. Tiwo Avatar

    Bisa juga menggunakan :

    sudo cat /sys/firmware/acpi/tables/MSDM | tail -c 32 | xargs -0 echo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: