Cara Mengaktifkan Linenumber di GNU Nano

GNU Nano atau biasa disebut nano saja, merupakan aplikasi penyuntingan teks (text editor) berbasis CLI yang andal. Salah satu keunggulan nano adalah terletak pada kemudahannya dibandingan dengan penggunaan aplikasi penyuntingan teks lainnya seperti vi atau vim dan ed. Nano selain sebagai aplikasi penyuntingan teks, juga dipakai untuk penyuntingan bahasa pemrograman. Dan ia, mendukung syntax highlighter, yang memudah para developer menulis kode dengan warna-warna disetiap sintaksisnya.

Ketika saya sedang menyunting berkas pengaturan Nginx menggunakan nano di VPS. Dan menjalankan perintah nginx -t untuk mengetahui apakah konfigurasinya sudah benar atau belum. Jika salah ia akan menampilkan baris nomor (line numbers) keberapa yang galat (error). Nah, ketika menggunakan nano untuk mengetahui baris nomor (line numbers) kita bisa pergunakan tombol CTRL + C. Tapi cara tersebut menyulitkan, terutama jika berkas berjumlah ribuan baris. Ada cara yang lebih mudah lagi yakni:

nano -c /direktori/berkas

Sayangnya cara tersebut bukanlah untuk menampilkan line numbers yang sesungguhnya. Hanya menampilkan letak di mana cursor berada.

Kabar baiknya jika kita pengguna nano di mulai dari versi 2.7.1 fitur line numbers telah diberikan. Untuk mengetahui kita menggunakan nano versi berapa dapat melakukan perintah berikut:

nano --version

Nah jika sudah versi 2.7.1 atau lebih. Kita bisa pergunakan cara berikut:

nano -l /direktori/berkas

Lihat terdapat line numbers-nya bukan? Cara di atas hanya berlaku kita berkas dibuat atau dibuka. Bagaimana cara agar permanen nano menampilkan line numbers ketika baru dijalankan? Yakni dengan menyunting berkas tersebut:

sudo nano -l /etc/nanorc

Dan buang komentar (uncomment) set linumbers

Keluar dari nano dan simpan. Nah, dengan demikian kita tidak perlu lagi menggunakan perintah -l untuk melihat line numbers, cukup ketik nano saja sudah bisa.

Semoga bermanfaat. 😁

Sumber: