Cara Menghilangkan "Category Base" di WordPress

Saat ini situsali sedang dalam tahap rekonstruksi, tidak hanya sebatas pergantian tema yang digunakan, tapi juga seluruh artikel disunting kembali hingga perubahan permalink, aturan, dan kebijakan. Bisa dikatakan ini adalah perubahan secara besar-besaran. Meskipun demikian situsali tetap dan terus berjalan, tidak dalam maintenance mode. Mengapa? Saya pikir lebih baik perubahaan dilakukan secara bertahap, berubah sambil jalan, karena saya ingin mempertahankan agar tulisan ini ter-update paling tidak sehari satu artikel (one day one article).

Mengingat perubahan permalink dari situs ini, saya akan memberikan sedikit tips mengenai bagaimana cara menghilangkan category base di Wordpress. Perlu diketahui bahwa merubah permalink dapat berpengaruh pada SEO. Saya sendiri sebetulnya tidak menyarankan untuk mengubah permalink jika situs Anda sudah mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencarian.

Sebelum beranjak, saya berikan gambaran terlebih dahulu apa itu category base.

situsanda.com/category/belajar

Tulisan /category/ pada tautan di atas itulah yang disebut dengan category base. Nah, menurut saya itu menjadi penggangu, karena menurut saya, kategori itu harus ditulis langsung setelah nama domain. Bukankah lebih baik situsanda.com/belajar daripada situsanda.com/category/belajar ? Tentu saja demikain.

Baiklah langsung saja kita mulai.

  1. Masuk dulu ke halaman wp-admin
  2. Kemudian pilih Settings -> Permalink -> Custom Structure.
  3. Tambahkan /%category%/%postname%/.

Klik save, dan lihat perubahannya. Nah, mudah bukan?

Sumber: