2023 08 08

Cara Menonaktifkan Touchpad pada Distro GNU/Linux.

Distro GNU/Linux tidak hanya berjalan pada perangkat komputer personal / PC dan desktop, tapi dapat berjalan juga pada perangkat laptop, notebook, dan sejenisnya. Salah satu fitur yang khas pada laptop dan notebook yang kita ketahui yaitu touchpad. Touchpad sering digunakan sebagai alternatif mouse, yang digunakan untuk mengarahkan kursor dan melakukan klik. Tidak sampai di situ, pada beberapa lingkungan desktop / desktop environment, penggunaan touchpad bisa lebih beragam, di antaranya bisa digunakan untuk berpindah workspace.

2023 08 08

Touchpad pada laptop yang saya gunakan.

Terlepas dari bermanfaatnya touchpad pada perangkat laptop dan sejenisnya, kadang kita perlu menonaktifkannya. Bisa karena kita sedang menggunakan mouse yang lebih bebas pergerakannya, touchpad yang kebetulan tidak berfungsi bagus, atau alasan keamanan (membatasi pihak luar / orang lain untuk menggunakannya). Lalu bagaimana cara kita menonaktifkan touchpad pada distro GNU/Linux ? Berikut ini adalah pembahasannya.

Catatan : beberapa cara ini tergolong umum dan tidak spesifik mengacu pada salah satu lingkungan desktop / desktop environment, window manager maupun kompositor wayland.

Menonaktifkan touchpad pada distro GNU/Linux.

Meng-unload driver / modul touchpad.

Touchpad berjalan menggunakan driver / modul yang tersedia pada kernel yang kita pasang. Ketika driver / modul touchpad kita unload, maka touchpad akan otomatis nonaktif dan tidak berjalan. Untuk mengetahui driver / modul yang berkaitan dengan touchpad, kita bisa mengeceknya dengan perintah berikut.

$ sudo dmesg | grep -i touchpadCode language: Shell Session (shell)
20230808 08h39m39s grim

Pada perangkat yang saya gunakan, touchpad menggunakan modul psmouse. Maka jika ingin meng-unload modulnya, kita bisa menggunakan perintah berikut ini.

$ sudo rmmod psmouseCode language: Shell Session (shell)

Setelah perintah di atas kita jalankan, maka touchpad kita akan segera nonaktif dan tidak berjalan (coba geser-geser kursor untuk memastikan). Jika kita ingin menggunakan touchpad kembali, kita hanya perlu menge-load modulnya kembali, perintahnya sebagai berikut.

$ sudo modprobe psmouseCode language: Shell Session (shell)

Menonaktifkan dengan tool xinput.

Jika cara sebelumnya tergolong dasar / basic, cara ke dua ini kita akan menggunakan bantuan alat / tool. Kita akan menggunakan tool xinput. Tool xinput merupakan tool yang bisa kita gunakan untuk mengkonfigurasi dan mengetes perangkat input (cek halaman manualnya), salah satunya adalah touchpad. Xinput bisa didapatkan dan dipasang lewat paket manager, ya ?

Untuk menonaktifkan touchpad menggunakan xinput, kita perlu melihat properti dari perangkat touchpad kita. Kita bisa melihatnya dengan opsi –list, bila perlu bisa kita sortir hasil outputnya dengan grep. Berikut ini adalah perintahnya.

$ xinput --list | grep -i touchCode language: Shell Session (shell)

Pada perangkat yang saya gunakan, properti yang saya dapatkan sebagai berikut.

$ xinput --list | grep -i touch
⎜   ↳ SynPS/2 Synaptics TouchPad   id=11   [slave  pointer  (2)]Code language: Shell Session (shell)

Touchpad yang saya gunakan memiliki id yaitu 11. Setelah kita mendapatkan id kita bisa langsung menonaktifkan touchpad dengan perintah berikut.

$ xinput --disable nomor_id
$ xinput --disable 11Code language: Shell Session (shell)

Untuk mengaktifkannya kembali, kita bisa menggunakan opsi –enable.

$ xinput --enable nomor_id
$ xinput --enable 11Code language: Shell Session (shell)

Cara yang lain ?

Sebenarnya ada beberapa cara lain, setiap desktop environment mungkin memiliki caranya masing-masing. Untuk hari ini kita cukupkan pada 2 cara di atas. Jika kamu mengetahui cara yang lain, tidak perlu sungkan untuk berbagi di kolom komentar.

Referensi dan kredit.

  1. Tutorial untuk enable / disable touchpad, laman blog Baeldung.
  2. Haidar Ali, penulis bahasan enable / disable touchpad pada laman blog Baeldung.

Selanjutnya ?

Mungkin jika masih ada kesempatan, kita ke depannya akan membahas lebih banyak terkait cara meng-enable / disable touchpad pada lingkungan desktop yang lain (XFCE, KDE, GNOME, dan lain-lain).

Penutup.

Demikian tadi, sedikit cara menonaktifkan touchpad pada distro GNU/Linux. Semoga bisa menjadi referensi untuk pengguna laptop / notebook dan sejenisnya. Jika memang ada koreksi, bisa langsung sampaikan di kolom komentar ya ? Terima kasih dan sampai bertemu pada bahasan selanjutnya !

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *