Cara Menyalin Berkas di VPS tanpa Root

Login dengan akun root di VPS/Server sangatlah berbahaya, maka hampir semua tutorial menyarankan agar memblokir root untuk akses SSH demi keamaan, dan menggantikannya dengan akun biasa yang dikhususkan hanya bisa login VPS/Server tersebut, dengan bantuan sudo untuk mengakses atau menyunting berkas yang mana hanya root yang bisa demikian.

Pada tulisan kali ini saya mencoba memberikan sebuah tips-trik cara menyalin berkas yang mana membutuhkan akses root untuk bisa mengkopinya dengan bantuan aplikasi rysnc semua dapat teratasi dengan mudah tanpa perlu banyak konfigurasi.

Pastikan ssh-askpass sudah terpasang di VPS/Server Anda, cara pemasangan untuk pengguna distro Debian/Ubuntu sebagai berikut:

sudo apt-get install ssh-askpass

Untuk pengguna distro lainnya saya belum tahu, intinya Anda harus memasang ssh-askpass atau x11-ssh-askpass.

Nah…, berikut adalah caranya menyalin berkas yang Anda butuhkan untuk ditaru di komputer (localhost), yakni ikuti perintahnya di bawah ini:

rsync -chavzPe 'ssh -X' --stats \
--rsync-path='SUDO_ASKPASS=/usr/bin/ssh-askpass sudo -A rsync' \
ali@127.0.0.1:/home/ali/public_html/ .

Catatan: Jangan asal mengcopas (copy-paste) pertintah, pastikan Anda sesuaikan akun, IP dan alamat direktori Anda. Dalam contoh perintah di atas, saya menggunakan akun bernama ali, dengan IP address 127.0.0.1 dan alamat direktori di /home/ali/public_html.

ssh-pass

Kemudian, nanti Anda akan dimintai kata sandi (password) sudo Anda, karena bukan sebagai root.

ssh-password

Masukan saja kata sandi sudo Anda yang ada di VPS/Server, dan viola… Anda bisa menyalin semua berkas yang mana berkas itu hanya dapat disalin jika menggunakan akun root.

Semoga bermanfaat.?