Cara Mudah Mengkompresi PDF di GNU/Linux

Pernahkah Anda mengirim suatu berkas PDF ke suatu instansi, dengan via surel atau pun form submission, namun PDF Anda tertolak karena ukurannya terlalu besar melebihi limitasi pengunggahan? PDF Anda ukuran berkasnya (file size) sangat besar, padahal PDF tersebut hanya berisi beberapa halaman saja. Ini biasanya terjadi pada PDF hasil pemindaian (scan) dengan ukuran 300 dpi atau lebih.

Biasanya untuk mengakali seperti itu kita cukup gunakan utilitas pengkompres berkas, dengan mengubahnya menjadi format zip, rar, 7z, dan lain sebagainya. Namun, ada saja beberapa situs tetap menolak. Pengunggahan harus berupa berkas PDF dan ukurannya tidak boleh lebih dari 1 MB.

Berikut ini saya akan memberikan sedikit tips cara mudah mengkompresi PDF di GNU/Linux dengan memanfaatkan Ghostscript. Dikarenakan Ghostscript ini adalah aplikasi pihak ketiga, sebelum praktek pastikan Anda sudah memasangnya disesuaikan dengan distro yang Anda gunakan. Saya anggap, Anda sudah memasang Ghostscript. Langsung saja, untuk mengkompresi PDF, lakukan perintah berikut di Terminal :

gs -sDEVICE=pdfwrite -dCompatibilityLevel=1.4 -dPDFSETTINGS=/screen -dNOPAUSE -dQUIET -dBATCH -sOutputFile=output.pdf input.pdf

Perintah di atas pada -dPDFSETTINGS=/screen ini artinya kita mengkompresi PDF menjadi paling kecil, dan ini berdampak pada kualitas menjadi sangat rendah. Berikut tabel perintahnya disesuaikan dengan kualitas yang Anda inginkan.

-dPDFSETTINGS=/screen Kualitas rendah dan ukuran lebih kecil. Biasanya sulit terbaca.
-dPDFSETTINGS=/ebook Kualitas lebih baik dan dapat terbaca, tapi ukurannya tidak lebih jauh dari ukuran aslinya
-dPDFSETTINGS=/prepress Ukuran asali (default)

Nah, mudah bukan?

Sumber