Factory Reset Untuk Printer HP Laserjet M201dw (Berlaku untuk Printer HP lainnya)

Baru saja terjadi hal yang tidak biasa pada pada printer kantor saya yakni pada printer HP Laserjet M201dw tiba-tiba printer tidak dapat masuk ke menu, terdapat tulisan secure di samping atas pada layar LCD Panel pada printer. Mencoba cara untuk me-factory reset yang terdapat dalam menu, pengaturan namun hal itu tidak bisa, terdapat pesan dalam layar MENU access is disabled. Oleh karenanya, saya membutuhkan cara lain untuk me-factory reset printer tersebut.

Mencoba membuka buku manual printer mencari tahu bagaimana cara me-factory reset. Sudah ketemu halaman yang dituju, sialnya di dalam buku manual itu tidak menyertakan cara factory reset yang mana jika panel pada layar LCD printer tidak dapat berfungsi atau terkunci (MENU access is disabled).

Mencoba browsing sana-sini hasilnya tidak ada yang pernah mengalami hal yang sama dengan saya pada printer HP Laserjet M201dw. Akhirnya saya mencoba cara dari situs ini: https://www.kombitz.com/2010/07/10/menu-access-is-disabled-for-hp-color-laserjet-cp2025dn/ di situ memang bukan tipe printer yang saya pakai tapi cara yang tertera disitu terbukti berhasil.

Caranya sebagai berikut:

  1. Matikan Printer
  2. Kemudian tekan tombol arah kanan (right arrow button) dan tombol silang (x button) secara bersamaan pada layar printer pada saat printer dinyalakan seperti gambar di bawah ini. HPm201-LCD-2
  3. Tekan terus tombol arah kanan dan tombol silang sampai tertera tulisan, "Permanent storage init" muncul lalu lepaskan. Dan proses factory reset berlangsung.

Kesimpulan

Cara di atas saya praktekan langsung pada printer HP Laserjet M201dw. Saya mendapatkan informasi demikian pada situs di bawah ini:

Memang situs-situs di atas tidak ada yang menunjukan tipe printer yang saya gunakan, akan tetapi cara yang disarankan di atas terbukti dapat diimplementasikan dengan baik pada tipe printer HP Laserjet M201dw. Jika Anda penguna printer HP dengan model yang hampir serupa dengan saya atau dari situs di atas, cobalah terlebih dahulu cara ini, siapa tahu berfungsi.

Semoga bermanfaat. ?