Kamus Inggris-Indonesia Untuk GNU/Linux

Kamus adalah sebuah kumpulan kata-kata dari bahasa asing untuk dipadankan ke dalam bahasa ibu yang disusun rapi sesuai urutan awal huruf lemanya umumnya berdasarkan abjad atau alfabetis, jika tidak disusun sesuai urutan awal huruf lema, maka itu bisa menjadi sebutan lain yakni yang biasa kita sebut sebagai glosarium.

Dari tahun ke tahun kamus terus diperbaruhi, mengikuti era zaman. Dahulu kamus hanya dikenal dengan bentuk sebuah buku, kini diera modern kamus bisa ditemui dalam bentuk digital yakni menggunakan sebuah perangkat lunak (software).

Dalam artikel kali ini saya memperkenal sebuah kamus digital atau elektronik Inggris-Indonesia khusus untuk lingkungan GNU/Linux, Mengapa dikhususkan? Ada banyak aplikasi Kamus untuk komputer  sayangnya kebanyakan hanya untuk Windows agak jarang untuk lingkungan GNU/Linux. Mengapa saya katakan jarang? Dikarenakan yang saya temukan hanya 3 buah kamus saja (dalam hal ini kamus Inggris-Indonesia), dan satu diantaranya bukan merupakan native application, artinya aplikasi itu hasil emulasi dari Wine yang sebenarnya aplikasi dari Windows.  Adapun aplikasinya adalah sebagai berikut:

  1. Kamus Plus https://sourceforge.net/projects/kamusplus/ Kamus Plus merupakan kamus bahasa Inggris – Indonesia yang interaktif, dapat mencari arti kata dari bahasa Inggris ke Indonesia maupun sebaliknya. Dapat berjalan di GNU/GNU/Linux dan Windows. kamus-plus kamus-plus2 Kamus Plus ini dibuat dengan bahasa java jadi bisa berjalan pada lingkungan OS komputer apapun, yang terpenting pastikan Anda sudah menginstal JRE (Java Runtime Environment).
  2. gKamus https://gkamus.sourceforge.net/ gKamus adalah program sederhana Kamus Bahasa Inggris - Indonesia,dibuat karena rasa frutrasi pembuat dengan membuka-buka kamus edisi cetakan setiap kali membaca artikel, ebook, atau dokumen lainnya. Program kamus ada berapa yang tersedia seperti Gidic di GNU/Linux, atau program komersial Linguist di Windows, tetapi kadang kala kata yang dicari tidak terdapat dalam kamusnya, perlu penambahan kata, arti, dan lain-lain.gkamus gKamus dilengkapi dengan tool yang berisi tentang English Alphabet, Irregular Verb Tables, dan English Tenses. Cukup lengkap dan menjadi salah satu solusi mudah memplejari bahasa Inggris.gkamus-2 gkamus-3 gkamus-4gKamus dibuat dengan bahasa C dan GTK+ versi 2, dan tidak tersedia bentuk binarynya jadi Anda perlu mengkompilasi gKamus sebelum digunakan. Jangan khawatir! Cara mengkompilasi gKamus cukup mudah, Anda bisa membaca file readmenya yang ditulis dengan bahasa Indonesia.
  3. Kamus 2.04 dari Mas Ebta https://ebsoft.web.id/download/kamus/ Menurut saya ini yang terbaik, sayangnya kamus ini dibuat khusus pengguna Windows. Jadi diperlukan Wine untuk menjalankannya di lingkungan GNU/Linux. Mengapa saya katakan yang tebaik? Karena kamus ini memiliki fitur yang cukup lengkap dan sangat membantu, yakni; pertama, fitur automatic dimana aplikasi mencari kata sesuai dengan lema yang kita tulis. Jika Lema itu Indonesia maka kamus akan otomatis mencari padanan untuk bahasa Inggris begitu juga sebaliknya untuk Inggris; kedua, fitur kata turunan atau kata yang terkait, ini juga sangat membantu untuk mencari lema padanan.kamus-2-ebta Kamus 2.04 ini dibuat dengan bahasa pemrogramman Delphi 7 + KOL, oleh karena itu kamus ini hanya berjalan baik di lingkungan Windows. Akan tetapi, di GNU/Linux dengan menggunakan Wine sudah dapat menjalankan Kamus ini, meskipun beberapa GUI terlihat tidak sempurna, akan tetapi fungsi dari kamus ini sudah cukup baik dijalankan dengan Wine, oleh karena itu hemat saya ini tidak menjadi sebuah masalah.

Kesimpulan

Kamus merupakan sesuatu hal yang penting ketika kita ingin mempelajari bahasa asing, dalam hal ini bahasa Inggris. Di era modern sekarang ini, kamus digital sudah banyak bisa kita temui dan banyak pula yang gratis dengan fitur yang tidak kalah dengan yang berbayar.

Ada kamus yang lebih baik lagi yakni Google Translate, sayangnya google ini hanya dapat digunakan secara daring (online). Oleh karena itu, kamus luring (offline) sangatlah diperlukan bagi kita pengguna yang tidak setiap hari online.