Membuat Akun Tamu Tanpa Password di GDM

Demi menjaga privasi, terkadang kita perlu membuat akun terpisah dengan akun yang biasa kita pakai. Sebut saja akun Tamu (guest). Mungkin kita pernah atau sering melihat pada OS Windows ada dua akun pertama administrator dan yg kedua guest. ketika orang lain ingin menggunakan komputer kita sedang kita ingin menjaga beberapa berkas pribadi, mereka tinggal kita arahkan saja ke akun guest tersebut. Akun guest biasanya di Windows tidak diberi password. Memang seharusnya demikian jadi orang lain yang ingin menggunakan komputer dapat mudah masuk.

Di GNU/Linux beberapa DM (Display Manager) ada yang tidak mendukung akun tanpa password. Contoh GDM, yakni DM yang digunakan oleh Gnome. Akun yang kita buat, meskipun standar akun (standard account), kita tetap menyertakan password untuk login. Nah, tulisan ini saya mencoba memberikan sedit tips-trik bagaimana mem-bypass akun tanpa harus memasukan passowrd di GDM.

Langsung saja kita mulai. Jika sebelumnya Anda belum pernah membuat akun lain. Pertama-tama kita buat dulu akunnya. Cara termudah kita bisa gunakan dari Settings -> Users.

Kemudian klik Users.

Kemdian kita unlock, terlebih dahulu

Dan masukan password akun yang Anda pergunakaan saat itu.

Kemudian klik Add User.

Masukan kriteria akunnya. Pilih, standard, lalu berinama dan jangan diset password-nya

Nah jika sudah seperti ini. Artinya Anda sudah sukse membuat akun Tamu.

Kemudian buka Terminal dan kita set dahulu password akun Tamu tersebut. Mengapa harus diset, bukannya ingin tanpa password? Sebenarnya ini hanya formalitas saja. Agar GDM tidak menanyakan untuk mengeset password. Karena secara default GDM harus ada password tiap akun. Langsung saja, lakukan perintah berikut:

sudo passwd tamu

Masukan password yang paling mudah saja. Satu karakter juga bisa. 😁

Kemudian, kita buat group bernama nopasswdlogin. Caranya sebagai berikut:

sudo groupadd nopasswdlogin

Lalu kita masukan akun Tamu, ke dalam group nopasswdlogin.

sudo usermod -G nopasswdlogin tamu

Kemudian kita sunting pangaturan GDM pada berkas gdm-password di direktori /etc/pam.d.

sudo nano /etc/pam.d/gdm-password

Lalu tambahkan kode di bawah ini. Pada baris pertama:

auth sufficient pam_succeed_if.so user ingroup nopasswdlogin

Lihat gambar:

Selesai. Langsung saja Anda coba logout dan login menggunakan akun Tamu. Jika berhasil Anda tidak akan dimintai password untuk login.

Semoga bermanfaat. 😃