image 62

Memos Jurnal Cross Platform

Menulis catatan di memo adalah kegiatan wajib bagi sebagian orang. Seiring berjalannya teknologi membuat fungsi kertas dan buku tersisihkan oleh aplikasi memo. Pernahkah kamu berkeinginan memiliki aplikasi memo yang bisa diakses di manapun? Mari berkenalan dengan Memos.

Memos, Open Source Memo Hub

image 63

Memos adalah aplikasi memo bersifat free open source software dan berbasis web dengan kemampuan sosialisasi layaknya media sosial. Kamu bisa mencatat apapun tanpa limitasi perangkat dan membagikannya ke teman – teman. Selain itu, ada dukungan menulis sesuai format Markdown.

Saya memasang Memos di mini pc yang bertenaga Intel Atom. Selama menggunakannya, tidak ada pengalaman buruk, meskipun dibuka oleh tiga orang. Memos sedikit sumber daya. Terbukti jumlah penggunaan RAM pada server hanya 500 MB dengan servis Pihole dan Syncthing berjalan.

Cara Install Memos di Linux

Dengan Docker, kita dapat memasang Memos dengan cepat. Karena kita memasang jalur Docker, pastikan kamu sudah punya aplikasinya. Pengguna Alpine Linux bisa membaca cara install Docker di Alpine Linux.

Pertama kita buat folder sebagai tempat berkas docker-compose.

$ mkdir usememos $ cd usememos
Code language: Shell Session (shell)

Buat berkas docker-compose.yml dengan aplikasi editor favoritmu.

$ vim docker-compose.yml
Code language: Shell Session (shell)

Kita tulis seperti ini di berkasnya.

version: "3.0" services: memos: image: neosmemo/memos:latest container_name: memos # nama hostname container volumes: - ~/.memos:/var/opt/memos # .memos adalah tempat folder berisi catatan kamu # /var/opt/memos adalah folder memos di docker, sebaiknya jangan diganti ports: - 5230:5230 # pastikan port tidak diblokir
Code language: YAML (yaml)

Jika sudah, kita aktifkan docker dengan docker-compose.

$ docker-compose up -d
Code language: Shell Session (shell)
image 64

Memos bisa diakses lewat IP mesin server kamu. Kamu bisa mengetahui IP nya dengan menjalankan perintah ip a di mesin yang terpasang Memos, seperti ini.

$ ip a wlp3s0: <BROADCAST,MULTICAST,UP,LOWER_UP> mtu 1500 qdisc mq state UP group default qlen 1000 link/ether 08:d4:0c:20:2b:c3 brd ff:ff:ff:ff:ff:ff inet 192.168.1.18/24 brd 192.168.1.255 scope global dynamic noprefixroute wlp3s0
Code language: Shell Session (shell)

Berarti Memos bisa diakses di 192.168.1.18:5230.


Dashboard Memos

Untuk masuk, tulis username dan password kamu karena aktivitas login pertama akan membuat akun admin. Inilah tampilan dashboard saat menggunakan Memos.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: