Mengaktifkan Icon Menu di Gnome 3.14

Gnome 3 merupakan desktop environment (DE) yang simpel dan sederhana dengan tampilan yang overview menggantikan tampilan desktop tradisional, dan lebih mengarah untuk tampilan desktop layar sentuh. Dikarenakan perubahan tampilan drastis dari Gnome 2 ke Gnome 3, beberapa fitur dibuang dan lebih disederhanakan.
Bahkan tak hanya perubahan pada versi major dari pada Gnome itu, pengaruh perubahan versi minor dari Gnome 3 juga beberapa ada yg dibuang. Ya, sebut saja pada Gnome versi 3.10 sampai ke atas ada perubahan drastis. Yakni dihilangkannya icon pada menu atau tombol-tombol aplikasi seperti gambar berikut:
menu-icons-false
Sebagian orang memang ada yang tidak mempermasalahkan hal tersebut, namun ada beberapa juga yang menjadi masalah serius. Saya sendiri termasuk orang yang mengalami masalah serius dengan kehadiran perubahan itu. Dengan hal tersebut, hampir saja membuat saya membenci Gnome 3.10, mengapa? Bagi saya tampilan icon pada menu ataupun tombol (button) pada aplikasi itu sangat penting dan sangat membantu sekali untuk mengingat fungsi daripada sekadar hanya tulisan.

Pada dasarnya sejak pertama kali dirilis Gnome 3.x juga, icon menu sudah dihilangkan. Namun, pengguna masih bisa memunculkannya lagi, karena pada prinsipnya hanya disembunyikan (hide). Pengguna bisa mengaktifkan kembali icon menu dengan perintah berikut:

gsettings set org.gnome.desktop.interface menus-have-icons true

Dengan perintah di atas akan merubah tampilan menjadi berikut, jika Anda tidak mau pusing bisa gunakan Gnome Tweak Tools yang mempermudah tanpa harus ketik perintah diatas. menu-icons-true Akan tetapi sejak rilisnya Gnome 3.10 menjadi masalah, icon menu benar-benar ditidakan dan fitur menus-have-icons dihilangkan (Baca: https://igurublog.wordpress.com/2014/03/22/gtk-3-10-drops-menu-icons-and-mnemonics/).

gnome-314-3

Dengan kejadian itu akhirnya saya berselancar (browsing) di Google untuk mencari tahu, dan alhamdulillah dapat solusi untuk pengguna Gnome 3.10 dengan cara berikut:

gsettings set org.gnome.settings-daemon.plugins.xsettings overrides "{'Gtk/ButtonImages': <1>, 'Gtk/MenuImages': <1>}"
gnome-314-4
Atau bisa juga dengan aplikasi dconf. Masuk ke org -> gnome -> settings-daemon -> plugins -> xsettings dan ketik pada ovverides "{'Gtk/ButtonImages': <1>, 'Gtk/MenuImages': <1>}".dconf-gnome314Tapi untuk beberapa aplikasi saja, aplikasi saja, seperti LibreOffice, Gimp, Inkscape, dll selama bukan bawaan aplikasi Gnome 3.14 masih tetap bisa dengan cara diatas.

gnome-314

Tidak berlaku untuk aplikasi bawaan Gnome 3.14, Anda bisa lihat sendiri perbedaannya.

gnome-314-2

Kesimpulan

Sejak hadirnya Gnome 3 beberapa fitur tradisional dihilangkan seperti hilangnya icon menu, tapi masih bisa dimunculkan karena bersifat hanya disembunyikan (hide) bisa dimunculkan dengan Gnome Tweak Tools. Akan tetapi untuk Gnome 3.10, cara demikan tidak berlaku. Anda dapat mengikuti cara kedua. Untuk cara kedua pada Gnome 3.14 sebagaian aplikasi tidak bisa menampilkan icon menu sebagaimana mestinya yakni pada aplikasi bawaan Gnome 3.14 itu sendiri, tapi jangan khawatir sebagian aplikasi umum seperti LibreOffice, Gimp, Inkscape dan lain sebagainya cara kedua masih tetap berlaku.
Saya berharap ke depan mungkin para Developer Gnome mengembalikan fitur icon menu. Untuk fitur lainnya saya tidak mempermasalhkan seperti tampilan overview yang seperti tampilan layar sentuh, bagi saya itu merupakan tampilan yang keren yang membuat saya lebih menyukai Gnome 3 daripada versi sebelumnya.