Mengaktifkan Media Keys di Firefox

Di rumah, saya menggunakan multimedia keyboard untuk PC Desktop. Hal itu mempermudah saya, ketika membuka peramban (browser), file manager, printer, kalkulator, searching tool, dan media player cukup dengan satu tombol. Juga ketika membuka audio/video player, untuk play/pause, next/previous, dan volume cukup menekan tombol media yang tersedia di keyboard saja, sangat mudah.

Beberapa tombol multimedia dari keyboard memang ada memerlukan driver untuk bisa menggunakan tombol multimedianya (media keys). Tetapi ada juga yang universal artinya tidak perlu driver, cukup colok dan sistem operasi sudah mengenalnya. Kebetulan keyboard saya termasuk universal, ketika menggunakan OS apapun tombol multimedianya tetap bekerja.

Kalau di GNU/Linux, ini tergantung dari DE, untuk DE besar seperti GNOME dan KDE, kita tidak perlu pengaturan lagi. Namun beberapa DE ada juga yang masih butuh diatur dulu, seperti XFCE (yang saya tahu). Juga, tergantung dari aplikasi pemutar audio/video tersebut mempengaruhi, jika aplikasi tidak support MPRIS (Media Player Remote Interfacing Specification) tetap saja kita tidak dapat menikmati tombol multimedia ini.

Ketika saya memutar musik dari Spotify melalui Firefox, saya tidak dapat memilih lagu selanjutnya atau sebelumnya, dengan tombol multimedia dari keyboard. Tentu saja, Firefox itu sendiri sebetulnya memang tidak mendukung MPRIS, dengan demikian saya tidak bisa memanfaatkan tombol multimedia pada saat mendengarkan lagu di Firefox. Ketika mencoba berselancar (browsing), mencari tahu, saya menemukan solusinya, yakni cukup memasang Add Ons bernama Media Keys, berikut ini tautannya:

https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/media-keys/

Setelah saya mencoba, ternyata benar, saya dapat memanfaatkan tombol multimedia pada saat memutar lagu dari Firefox. Kekurangnnya, kita harus membuat Firefox-nya dalam keadaan aktif (active window), jika tidak aktif (inactive window), maka tombol tetap tidak dapat digunakan. Bagi saya, ini sudah cukup lumayan, yang terpenting tombol multimedia dapat digunakan.

Oiya, mengenai Media Keys, tak hanya pada Spotify, beberapa situs lain juga bisa seperti yang tertera dalam tulisan di deskripsi add-ons-nya yakni: “Supported Sites: youtube, pandora, spotify, bandcamp, google play, yandex, soundcloud, tidalhifi, deezer, plex, vk, subsonic, jamstash, overcast.fm, music.amazon.co.uk, music.amazon.com, di.fm, netflix.com, and tunein.com.

Oke, semoga bermanfaat. 😁