Mengatasi Masalah Insync GUI Tidak Tampak di GNU/Linux

Insync adalah aplikasi favorit saya sebagai pengganti Gdrive client di GNU/Linux karena memang Gdrive client resmi dari Google tidak disediakan di GNU/Linux, memang sangat disayangkan. Fitur singkronisasi dari GDrive client, hemat saya, sangat menguntungkan, apalagi jika kita mengunggah berkas berjumlah banyak dan ukuran berkasnya besar-besar, daripada langsung unggah di peramban yang terkadang tidak berhasil diunggah.

Pada saat upgrade GNOME saya mendapati masalah pada Insync, yakni GUI nya tidak tampak. Mencoba mencari tahu apa penyabab gagalnya masuk GUI Insync ini, saya coba jalankan perintah berikut:

$ insync start --no-daemon
[1]    23348 segmentation fault (core dumped)  insync start --no-daemon

Saya malah mendapati galat segmentation fault. Kalau sudah seperti ini, menyerahlah saya. Mencoba mencari tahu di Arch Wiki ternyata Ini berhubungan dengan QGtkStyle. GUI Insync menggunakan Qt4 dan ini bermasalah pada DE yang menggunakan GTK+ seperti GNOME, XFCE, Cinnamon, dan lain sebagainya. Di Wiki disebutkan kita harus menganti temanya apapun yang terpenting jangan menggunakan tema GTK+. Adapun caranya adalah sebagai berikut, ketik perintah di bawah ini pada Terminal, atau jika Anda pengguna GNOME dari ALT+F2.

qtconfig-qt4

Lalu pilih tema apapun selain dari GTK+. Kemudian, File -> Save -> Exit.

Coba buka kembali Insync-nya. Tada… Insync sudah tampak kembali seperti gambar di bawah ini.

Oke semoga bermanfaat.

Sumber