Miscellaneous

Pembahasan diluar teknologi dan pemerograman.

  • Kembali Menggunakan WordPress

    Tiga bulan lalu saya sempat mengganti platform situsali menggunakan static site generator (SSG), dengan Hugo. Rencana pemindahan platform sebetulnya memang sudah lama saya rencanakan, sejak 2016 yang lalu. Tetapi rencana itu selalu menjadi sebuah wacana tanpa realita.

  • Domain Baru

    Seperti yang kalian lihat saat ini, situsali kini menggunakan domain dot id. Mengapa diganti? Pertama situsali lebih difokuskan untuk warga negara Indonesia, yang kedua karena dot id diklaim lebih aman dan yang. terakhir harganya saat ini sudah semakin terjangkau.

  • Murottal 30 Juz Abdullah Al-Matrud

    Sewaktu SMP, saya sering sekali mendegarkan lantunan murottal dibacakan oleh syekh Abdullah al-Matrud, yang disiarkan di beberapa mushola atau mesjid dekat rumah. Biasanya murottal tersebut disiarkan pada waktu ba’da Ashar sekitar 15 atau 10 menit menjelang waktu masuknya Magrib.

  • Teks Arab Sholawat Dustur

    Ini pertama kalinya saya menulis konten islami di situsali. Saya rasa tidak mengapa, karena bagian dari tujuan adanya situsali salah satunya adalah sebagai catatan pribadi. Untuk permulaan saya ingin berbagi tulisan mengenai bacaan sholawat dustur.

  • Pemangkasan Kategori

    Penyebab lainya dari mogoknya saya menulis adalah adanya pemangkasan kategori yang semula situsali memiliki beberapa kategori kini dipangkas menjadi dua kategori yakni kategori Teknologi dan Non-Teknologi. Mengapa?

  • Mogok Menulis

    Meski sebenarnya saya bukanlah orang yang super sibuk, sampai-sampai lama sekali tidak menyempatkan diri untuk menambah artikel atau sekadar menyunting tulisan-lama yang saltik. Dengan demikian, muncul anggapan bahwa situsali seakan seperti tidak diurusi atau hampir mengalami mati-suri.

  • Situsali Kembali Menggunakan Tema F2

    Situsali Kembali Menggunakan Tema F2

    F2 merupakan tema terlama yang telah saya pakai sebelumnya. Pertama kali situsali menggunakan tema bernama Flato, kemudian saya ganti menggunakan tema colorlib, lalu baru kemudian F2. Setelah F2 kembali ke tema Flato. Sebetulnya saya lebih menyukai tema Flato dibandingan dengan tema ini (F2). Namun disayangkan Flato terpaksa saya tidak pakai dulu sementara karena terdapat mixed-content […]

  • Situsali Mencopot Layanan CloudFlare dan Beralih ke Let’s Encrypt

    Situsali Mencopot Layanan CloudFlare dan Beralih ke Let’s Encrypt

    Sekitar 3 hari yang lalu situsali mendapati suatu kejanggalan, yakni sangat lamban ketika diakses. Saya berfikir itu mungkin disebabkan dari VPS saya, dan kemungkinan paling lama hanya satu hari saja. Ternyata benar, di hari kedua situs ini normal kembali. Namun, semalam sampai hari ini, kejadian itu terulang kembali. Dan saya masih berfikiran sama. Timbul rasa kecurigaan […]

No more posts