Mudah Cara Menginstall Android Studio v2.1 di Ubuntu 16.04 (Disertai Video)

Pada tulisan kali ini, penulis akan menyajikan sebuah tutorial bagaimana cara memasang (install) Android Studio di Ubuntu 16.04. Seperti yang kita ketahui bahwasanya Android Studio adalah IDE besutan google yang mana dikhususkan untuk pembuatan atau pengembangan aplikasi berbasis Android dengan mudah dan cepat.

Tulisan ini memfokuskan terhadap distro Ubuntu 16.04, mengapa? Karena pertama Ubuntu merupakan distro yang mainstream artinya banyak dipakai orang baik awam ataupun profesional; yang kedua, Ubuntu 16.04 ini masih hangat-hangatnya jadi perlu dirasa perlu dipublikasikan tulisan mengenai tutorial seperti ini.

Tahap Persipan

Sebelum memulai ada kiranya pembaca memenuhi beberapa persyaratan di bawah ini:

  1. Memiliki kuota internet yang besar, penulis asumsikan sekitar kurang lebih 2 GB, hemat penulis akan lebih aman Anda memiliki kutota lebih. Mengapa? Tutorial ini banyak sekali menggunakan internet, selain digunakan untuk unduh Android Studio, juga digunakan untuk memasang dependensi lainnya yang diperlukan agar Android Studio ini dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya.
  2. Pastikan Anda sudah meng-upgrade Ubuntu Anda. Bisa dilakukan dengan cara sudo apt-get dist-upgrade.
  3. Disarankan menggunakan Oracle JDK. Jika Anda sudah terlanjur memasang OpenJDK tidak masalah, akan tetapi Android Studio lebih menyarankan menggunakan Oracle JDK.

Tahap Instalasi

Pertama-tama kita pasang (install) Oracle JDK. Perlu diketahui bahwa Oracle JDK ini tidak ada lama lumbung resmi (official repository) maka perlu ditambahkan PPA nya:

sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/java
sudo apt-get update
sudo apt-get install oracle-java8-installer

Kemudian, selanjutnya kita pasang dependensi yang diperlukan oleh Android Studio itu sendiri yakni:

sudo apt-get install libc6:i386 libncurses5:i386 libstdc++6:i386 lib32z1

Lalu yang terakhir unduh Android Studio di laman resminya di: https://developer.android.com/studio/index.html#tos-header

Catatan: Gunakan Chromium atau Google Chrome untuk mengunduh Android Studio, pengalaman penulis menggunakan Firefox atau peramban lain Android Studio sulit diunduh.

Setelah Android Studio diunduh, langsung Anda ekstrak saja disembarang direktori misalnya dalam artikel ini penulis mencontohkan di /home/buntu/bin/android-studio/

Tahap Konfigurasi

Setelah tahap instalasi telah selesai langkah senjutnya yakni konfigurasi. Maksud konfigurasi adalah yang pertama membuat shortcut di launcher atau menu DE Anda; yang kedua, memasang SDK dari Android Studio, ini berkaitan lagi dengan internet dibutuhkan koneksi dan kuata yang cukup untuk mengunduhnya.

Membuat Shortcut

Cara mudah membuat shortcut Android Studio adalah pertama-tama Anda buat dalu berkas bernama misalnya androidstudio.desktop. Lalu, isi skrip seperti di bawah ini:

[Desktop Entry]
Name=Android Studio
GenericName=Android Studio
Comment=Android Studio
Keywords=IDE;development;programming;
Exec=sh /home/buntu/bin/android-studio/bin/studio.sh
Icon=/home/buntu/bin/android-studio/bin/studio.png
Terminal=false
X-MultipleArgs=false
Type=Application
Categories=GNOME;GTK;Development;IDE;

Kemudian taru berkas androidstudio.desktop tersebut di /usr/share/applications. Caranya:

sudo mv androidstudio.desktop /usr/share/applications/

Jika sudah seperti gambar di bawah ini, artinya Anda telah sukses membuat shortcut Android Studio.

as-laucher

Kemudian langkah senjutnya yakni menjalakan Android Studio dan memasang SDK yang diperlukan siapkan internet Anda untuk mengunduh SDK nya.

Tahap Testing

Setelah semuanya dilakukan langkah terkahir yakni tes Android Studio tersebut apakah sudah berjalan dengan sebagaimana mestinya? Tes sampai bisa dijalankan dalam AVD (Android Virtual Device).

Vidoe Tutorial

Untuk lebih mudah, berikut ini penulis sajikan pula tutorial berbentuk Video yang bisa Anda lihat di youtube:

Semoga bermanfaat. :)