Mudah Membatasi Bandwidth Pada Aplikasi dengan Trickle

Internet saat sudah menjadi suatu hal yang hampir dapat bisa dikatakan sebuah kebutuhan primer bagi pengguna komputer ataupun gawai (gadget). Semakin dibutuhkannya internet berdampak menjadi murahnya pada beberapa piranti lainnya seperti router. Router saat ini sudah bukan menjadi barang mewah sudah cukup murah dan bahkan beberapa ISP sekarang sudah menawarkan modem yang berserta router baik menjadi satu (bundle) atau terpisah.

Fungsi router ini adalah bertugas membagi koneksi hingga pengguna dapat menikmati internet dalam satu jaringan yang sama, dengan pembagian koneksi ini tentu akan membuat beban internet menjadi bertambah dibandingkan menggunakannya sendirian. Oleh karenanya beberapa orang yang mengerti hal ini biasanya mereka mengakalinya dengan membagi bandwidth, dari mulai yang sederhana seperti menggunakan teknik QoS (Quality of Service) pada router, hingga yang lebih kompleks menggunakan mikrotik misalnya.

Mungkin pembagian bandwidth dengan cara tersebut dapat teratasi. Lain hal jika Anda ingin membagi lagi bandwidth dalam komputer yang Anda gunakan, dengan tujuan agar beberapa aplikasi yang Anda eksekusi dapat berjalan stabil penggunaan internetnya secara bersamaan.

Maksudnya seperti ini, contohnya Anda memiliki koneksi Internet sebesar 20 Mbps, lalu membagi koneksi tersebut menjadi 4 hingga masing-masing mendapat jatah 5 Mbps. Ketika menggunakan komputer misalnya Anda menjalan beberapa aplikasi yang mana aplikasi tersebut memerlukan internet, contoh pada saat itu Anda sedang mengunduh sesuatu, di saat yang bersamaan Anda juga mengunggah dan berselancar (browsing).

Tentu dengan demikian akan membebani koneksi Anda, dan hasilnya salah satu aplikasi tersebut mungkin akan tersendat karena pengguna koneksi rebutan. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah aplikasi khusus untuk menangani masalah tersebut agar koneksi Anda tetap stabil dapat digunakan secara serentak tanpa membebani kerjaan Anda yakni dengan bantuan Trickle.

Apa itu Trickle?

Trickle adalah aplikasi utilitas simpel lagi ringan yang berfungsi untuk mengatur bandwidth pada aplikasi. Perlu diketahui Trickle hanya dapat mengatur bandwidth pada aplikasi yang mana aplikasi tersebut berjalan di atasnya. Jadi dengan kata lain bukan mengatur bandwidth sebagaimana router. Hanya mengatur bandwidth pada aplikasi tertentu.

Pasang Trickle di Distro Linux

Archlinux dan Derivartifnya

sudo pacman -S trickle

Ubuntu dan Derivatifnya

sudo apt-get install trickle

Cara Menggunakan Trickle

Trickle membatasi bandwidth dalam bentuk satuan Kbps. Misalnya Anda ingin membatasi proses mengunduh berkas.iso dengan bandwidth sekitar 1 Mbps yakni perintahnya:

sudo trickle -d 1000 -u 1000 wget www.domain/berkas.iso

Semoga bermanfaat. ?