Mudah Menulis Unicode di GNU/Linux

Mungkin kita pernah melihat beberapa karakter seperti ¥, الحمد, 😃 karater tersebut tidak mudah ditulis dan memang tidak terdaftar dalam ASCII melaikan Unicode.

Unicode adalah suatu standar industri yang dirancang untuk mengizinkan teks dan simbol dari semua sistem tulisan di dunia untuk ditampilkan dan dimanipulasi secara konsisten oleh komputer (Wikipedia).

Umumnya keyboard layout yang kita pergunakan dalam komputer ataupun laptop menggunakan layout US, beberapa karakter unicode tidak bisa ditulis secara langsung, melaikan dengan beberapa metode.

Untuk dapat menulis karakter unicode di GNU/Linux caranya cukup mudah yakni kita hanya perlu melakuka kombinasi tombol CTRL + SHIFT + U dan masukkan nomor unicode-nya tahan sampai selesai lalu lepas. Contoh unicode pada saat pembuatan emoji:

Terdapat tanda u menunujukan unicode.

Cara tersebut mungkin dibeberapa aplikasi tidak bisa dilakukan, seperti aplikasi yang dibangun menggunakan Qt Framework. Contoh sederhananya pada Telegram Desktop, kita akan kesulitan menulis unicode di sana. Nah untuk mengatasi hal tersebut kita perlu memasang paket ibus.

Jika Anda pengguna distro umum (mainstream) seperti Ubuntu, Fedora, OpenSUSE, Linux Mint, dkk. Mereka sudah terpasang secara asali (default). Jika Anda pengguna Arch Linux, kita perlu memasangnya yakni:

sudo pacman -Sy ibus ibus-qt

Sehabis memasang ibus, coba Anda logout dan login kembali desktop Anda. Jika masih sama coba tambahkan variabel di bawah ini pada ~/.bashrc atau ~/.zshrc

export GTK_IM_MODULE=ibus
export XMODIFIERS=@im=ibus
export QT_IM_MODULE=ibus

Khusus untuk Telegram atau mungkin beberapa aplikasi berbasi Qt Framework. Ketika Anda menulis unicode dapat melepas langsung dari tombol kombinasi CTRL + SHIFT + U tanpa harus menahannya. Berikut ini contoh menulisan unicode di Telegram:

Nah sangat mudah bukan? Semoga bermanfaat 😁

Sumber