NordVPN di GNU/Linux dengan GUI


Salah satu kekurangan NordVPN di GNU/Linux adalah tidak tersedianya apalikasi GUI. Tetapi tidak untuk sekarang, karena GUI NordVPN sudah tersedia. Seperti apa itu? Yuk simak!

Seperti yang telah saya katakan pada artikel minggu lalu, kita tidak bisa menikmati fitur GUI dari NordVPN jika kita berada di sistem operasi GNU/Linux. Gak adil sih! Betul emang gak adil.

Tetapi hemat saya memang kebanyakan pengguna GNU/Linux itu adalah power user alias bukan pengguna komputer biasa jadi gak pake GUI pun gak masalah. Hehehe

Saya sendiri termasuk orang yang gak terlalu mempermasalahkan ada atau tidaknya GUI, bagi saya yang penting itu aplikasinya berjalan mulus tanpa hambatan.

Gak semua orang seperti saya ini sih, ada juga yang mempermasalahkan mesti ada GUI harga mati! Alasannya karena ribet atau kurang praktis, toh udah 2021 masih aja dipersulit hahaha.

Jika kebetulan kamu pengguna desktop environment GNOME, kamu beruntung! Karena di sana telah ada extension untuk menagani NordVPN CLI. Jadi inilah GUI nya NordVPN!

Seperti apa penampakannya?

Penampakan Awal Extension NordVPN

Hohoho, cukup keren kan. Malah extension ini menyerupai GUI NordVPN nya loh. Seperti kita bisa memilih server, dan pengaturan serta custom DNS.

NordVPN pilih server
NordVPN Pengaturan
Server yang telah dipergunakan

Nah karenkan, bener-bener menyerupai NordVPN di Windows.

Lalu bagaimana cara pasangnya?

Cara Pasang

Karena ini extension GNOME, kamu hanya perlu pergi ke situsnya di https://extensions.gnome.org, lalu cari dengan kata kunci NordVPN.

Nah ketemu!

NordVPN Connect

Langsung pasang deh! Ini tautan kalau kamu mau cepet:

https://extensions.gnome.org/extension/1595/nordvpn-connect/

Tinggal ON kan saja.

Install NordVPN Connect

Selesai deh, sekarang NordVPN mu sudah ada GUInya.

Tetapi tunggu sebentar! Extension ini tidak official alias gak resmi dari NordVPN! Aman gak tuh?

Jangan khawatir sob! Karena ini extensionnya bersifat Open Source, jadi relatif lebih aman. Sumbernya bisa kita liat langsung, jika kamu developer dan menemukan kejanggalan bisa langsung dilapor!

Oke, semoga informasi ini bermanfaat.

Bantuan

Bingung dengan istilah dan simbol-simbol dari tulisan ini?

Kamu bisa mempelajari bagaimana cara membacanya di sini.

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *