NordVPN Ulasan Kelebihan dan Kekurangannya


Pakai VPN biar gak ribet kalau kamu punya masalah dengan pembatasan dari ISP yang kamu pakai. Kutipan di ambil dari tulisan sebelumnya.

Seperti yang telah saya tulis di artikel sebelumnya, bahwa saya akan mengulasan tentang NordVPN.

Sebelum diulas ada baiknya kita berkenalan dulu.

Apa sih NordVPN itu?

NordVPN adalah sebuah produk VPN service yang di bangun oleh Nord Securty yakni perusahaan yang bergerak di bidang cybersecurity.

Salah satu asiknya dari NordVPN itu adalah aplikasinya tersedia di seluruh OS mainstream seperti Windows, macOS, GNU/Linux, Android, iOS bahkan Android TV.

Jadi kita gak perlu khawatir, karena ia bisa langsung pakai di semua perangkat yang umum ada di hadapan kita.

Ulasan

Sudah sekitar 4 bulan saya menggunakan NordVPN untuk kebutuhan internet saya sehari-hari.

Oh iya perlu kalian ketahui bahwa NordVPN ini tidak gratis ya. Tapi meskipun demikian, kalian bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum beli. Biar gak nyesel beli hehehe.

Harga

Oke pertama-tama kita mulai dari harga. Karena ini yang paling sensitif dibandingin yang lain-lain.

Bagi saya NordVPN ini terbilang cukup murah dan worth it untuk dibeli. Harga perbulannya $11.95 kalau dirupiahkan sekitar 179ribuan perbulan, murah kok buat keamanan dan kenyamanan berinternet.

Akan lebih murah lagi jika kalian berlangganan tahunan. Di sana kita akan diberikan potongan harga bagi yang berlanganan tahunan. Nah saya sendiri berlangganan dua tahun.

Kalau kamu pengguna baru, saya sarankan langsung langganan dua tahun saja mengapa? Karena selain hargnya jauh lebih murah yakni $3.29 perbulan, kalian juga mendapatkan bonus gratis 3 bulan.

Tapi ya jujur saja memang harganya lebih mahal di awal-awalnya. Saya beli dengan harga 1,4 jutaan loh hehehe.

Langganan NordVPN 2 tahun

1,4 juta untuk 2 tahun saya rasa itu sangat-sangat murah. Coba kita kalkulasikan kasarannya ya.. Berarti sekitar 60 ribu perbulan atau 2 ribu rupiah perhari. Nah kan murah kan! Masih lebih mahal harga kopi di burjo ya hahaha.

Ada tips lagi untuk lebih murah jika kalian langganan tahunan seperti saya. Apa itu?

Begini kawan, perlu kamu ketahui bahwa NordVPN itu bisa dipakai 5 device sekaligus. Nah, agar lebih murah kalian patungan saja dengan teman-teman kalian. Coba kalian hitung-hitung 1,4 juta dibagi 5 orang, jadi sekitar 280 ribuan.

Saya sendiri patungan loh belihnya hahaha, jadi saya gak beli 1,4 itu cuma kebetulan saya yang jadi hostnya. Jadi mereka tinggal setor harga pembagiannya.

Aplikasi

Ditijau dari aplikasinya NordVPN ini terbilang cukup lengkap. Kita bisa langsung pakai dan aplikasinya sangat mudah dipakai tinggal klik-klik saja.

Aplikasi NordVPN di Windows

Akan tetapi jika pengguna GNU/Linux, kamu perlu usaha sedikit gak susah kok, kenapa? Karena di GNU/Linux tidak di sediakan aplikasi GUI nya, melaikan kalian harus operasikan dari CLI.

Server

Salah satu pertimbangan saya memilih NordVPN adalah karena banyak servernya. Seperti yang kita ketahui layanan VPN ini dipake banyak orang, terkadang ada salah satu server yang memang lemot. Kalau misalnya banyak kita bisa memilih yang tercepat.

Aplikasi NordVPN sudah canggih sih, nanti kita dipilihin sendiri tinggal pencet connect saja. Tetapi kamu juga bisa pilih manual jika kamu pingin pake server negara lain.

Bisa Streaming Video

Nah ini juga menjadi andalan, di NordVPN kita bisa streaming dengan mulus. Apa sih fungsinya streaming video dari NordVPN? Bukannya gak pake VPN juga bisa?

Ya betul dengan atau tanpa VPN kita bisa streaming. Tapi perlu kamu ketahui, kalau ada beberapa video yang memang direstrict berdasarkan negara. Contoh di YouTube banyak loh yang memang gak bisa ditayangin di negara kita.

Kalau di Youtube bisaanya keliatan kita dari negara mana dari logonya. Contoh ketika saya pake VPN dari Singapur ada tulisan SG di logonya.

Youtube dari VPN Singapur

Nah itu saja ulasan dari saya, selanjutnya kita bahas kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan dan Kekurangan

Ada pepatah mengatakan bahwa segala sesuatu di dunia ini tidaklah ada yang sempurna. Nah begitu juga dengan NordVPN, pasti ada kurang ada lebihnya.

Kelebihannya

Pertama-tama kita bahas yang bagus-bagusnya dulu dari NordVPN.

  • NordVPN merupakan salah satu VPN terbaik di tahun 2021.
    Kamu bisa lihat searching di Google bahwa NordVPN selalu ditempatkan diurutan ke-2 atau ke-3 best vpn 2021. Kenapa gak pertama? Kalau saya yang review mungkin bisa jadi yang pertama wkwkw.
  • Harganya relatif murah.
    Seperti yang saya bilang sebelumnya, NordVPN ini murah dan worth it untuk dibeli. Apalagi kalau belinya patungan lebih murah lagi kisanak!
  • Aplikasi Tersedia di OS Mainstream.
    Kamu gak perlu khawatir lagi kalau mau pake VPN yang satu ini, tinggal pasang dan mainkan!
  • Ada teknologi baru bernama Nord Lynx.
    Yakni sebuah teknologi baru dari NordVPN yang dibangun menggunakan WireGuard. Ini menjadikan VPN kita jauh lebih cepat dan lebih aman dibandingan dengan teknologi seperti OpenVPN.
  • Server banyak.
    Meskipun pakai VPN adakalanya justru bisa lebih lemot dibandingin tidak. Ini disebabkan karena latensi terlalu jauh atau servernya banyak yang pake. Kamu bisa pilih server lainnya yang dirasa cepat jadi tidak menggangu pekerjaanmu.
  • Mulus streaming video.
    Beberapa VPN ada yang lemot ketika dipake streaming, beda dengan NordVPN ia sangat kencang, lebih optimal dibandingin tidak pake VPN.
  • Tidak ada log.
    Nah ini yang paling penting terkait privasi. NordVPN menjaga privasi kita dengan tidak menyertakan log. Jadi aman deh!

Kekurangan

Rasanya kurang fair kalau mengulas gak memberikan kekurangan. Rasanya terkesan seperti cuma ngeendorse saja kalau mengulas cuma dikasih kelebihannya doang. Nah berikut ini kekurangan yang saya rasakan ketika pake NordVPN.

  • Terkadang susah dikoneksikan.
    Gak tau ini normal atau tidak. Saya sesekali pernah merasakan susah sekali konek, sekalipun bisa palingan di server jauh. Dan malah jadi tambah lemot daripada gak pake VPN. Solusinya palingan saya gak pake VPN dulu sementara, ntar dicoba-coba lagi apa kah sudah normal atau belum. Tapi ini jarang banget ya!
  • Teknologi Nord Lynx gak bisa dipake di koneksi plat merah.
    Kalau saya lagi di luar, terkadang suka kesal sendiri, kenapa plat merah pake VPN malah suka drop. Saya coba akal-akalin ganti protocol menggunakan OpenVPN normal dia. Gak tau juga kenapa NordLynx gak bisa dipake di sini. Tapi untuk koneksi lainnya seperti IndiHome aman sih.
  • Ada opsi untuk CyberSec yakni blokir iklan dan malicious tapi sepertinya gak terlalu berguna. Malah sejauh pengamatan saya, gak ada bedanya. CyberSec juga kadang malah bikin lemot VPN, jadi saya defaultnya gak pake.
  • Akun pernah bocor.
    Denger-denger NordVPN akunnya pernah bocor dan menyebabkan ada yang menjualnya kembali dengan harga yang jauh lebih murah, bahkan di marketplace pun juga ada kalau kamu mau cari. Jangan dibeli ya, itu akun colongan!

    Kamu jangan khawatir dengan isu ini. Sepertinya ini sudah biasa. Yang perlu kamu lakukan adalah gunakan password yang aman dan pakai 2FA. Kalau kamu belinya patungan, tetap nyalakan 2FA nya. Nanti kalau temen kamu mau login, tinggal kasih saja codenya. Jadi masih aman.

Kesimpulan

NordVPN bisa dijadikan salah satu rekomendasi daftar VPN terbaik di tahun 2021. Kamu bisa pertimbangan untuk berlanganan.

Kalau kamu pengguna baru dan mau berlangganan. Saran saya, beli langsung dua tahun saja. Selain harganya jauh lebih murah dari harga reguler, kita juga diberikan bonus 3 bulan gratis!

Apapun VPN nya, mau sebagus apapun ulasannya di luar sana, tetap kita akan mengalami hal-hal yang kurang enak. Tapi itu gak sering kok hanya sesaat wajar saja. Yang penting kamu gak pake VPN gratisan.

Biasanya versi gratisan akan mengambil keuntungan dari data kita. Akan sangat bahaya, terutama kamu yang sering bertransaksi online via bank.

Yang terakhir artikel ini bukan endorse ya! Saya juga gak berafiliasi dengannya. Saya cuma mau menyampaikan ulasan berdasarkan pengalaman saya memakai NordVPN.

Mau tanya-tanya? Komen saja di bawah!

Bantuan

Bingung dengan istilah dan simbol-simbol dari tulisan ini?

Kamu bisa mempelajari bagaimana cara membacanya di sini.

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *