Pakai VPN Biar Gak Ribet! Tips Memilih VPN


Bagi saya, rasanya kurang afdol jika berselancar di internet tanpa VPN, bagai sayur tanpa garam.

Menggunakan VPN memiliki banyak keuntungan salah satunya bebas dari pemblokiran situs. Tetapi bagi saya, poin pentingnya tidak hanya pada bebas akses situs terblokir. Namun juga terletak pada pentingnya perlindungan data dan privasi.

Awalnya

Awalnya VPN tidaklah begitu penting bagi saya. Pakai DNS bawaan provider sudah lebih dari cukup.

Adapun jika saya mau akses beberapa situs yang memang diblokir dari pemerintah seperti reddit. Saya cukup gunakan beberapa perkakas berikut:

Namun hal tidak menyenangkan terjadi ketika saya pindah layanan provider internet ke IndiHome. Banyak sekali limitasinya, seperti:

  • Penyisipan iklan pada situs yang menggunakan protokol http. Ini sangat perpengaruh sekali pada repositori GNU/Linux. Susah buat pasang aplikasi dari paket manager.
  • Susah memuat konten dalam Telegram seperti gambar, stiker dan gif.
  • Dan yang paling krusial, susah akses beberapa situs terkenal seperti stackoverflow, stackexchange, bahkan situs forum tanya jawab seputar Hugo di discourse.gohugo.io susah sekali diakses.

Sudah menggunakan perkakas di atas, tetap saja susah diakses. Awalnya saya pikir ini palingan masalah umum, tinggal restart modem masalah beres. Nyatanya tidak.

Manfaat VPN

Karena beberapa masalah di atas, membuat saya memutuskan pakai VPN. Saya memakai VPN tidak serta merta karena ingin mengakses situs terblokir. Tetapi juga akan memiliki beberapa keuntungan yang menurut saya sangat bernilai, di antaranya.

  1. Akses situs akan lebih cepat. Jangan salah kaprah ya. VPN tidak membuat koneksi internetmu menjadi cepat. VPN hanya akan memaksimalkan kecepatan internetmu berdasarkan latensi terdekat.
  2. Kamu bisa mengakses konten yang dibatasi berdasarkan wilayah. Contoh video di YouTube yang dibatasi berdasarkan wilayah. Kamu hanya bisa mengkases pada negara tertentu.
  3. Masalah privasi. Saya penah bilang di artikel sebelumnya bahwa ISP bisa melihat rikues dari DNS sehingga situs yang kita buka bisa dipantau.

Nah jadi pakai VPN cukup berguna kan?

Memilih VPN

Sebelum kamu memutuskan ingin menggunakan VPN, pastikan kamu berhati-hati dalam memilih. Jangan asal pakai! Terutama untuk VPN yang gratisan, sangat tidak disarankan untuk dipakai.

Biasanya versi gratisan akan mengambil keuntungan dari data kita. Akan sangat bahaya, terutama kamu yang sering bertransaksi online via bank.

Begitu juga yang berbayar. Jangan asal yang penting murah, pastikan:

  1. Pilih yang tidak ada log, tracking, dan semacamnya. Pastikan VPN mu memiliki fitur yang tidak memantaumu berselancar, seperti log, tracking dan semacamnya.
  2. Pilih yang memiliki banyak server. Semakin banyak server VPN yang ada akan semakin baik. VPN biasa akan mencari lokasi terdekat, dan tercepat. Ini akan berpengaruh pada pemaksimalan kecepatan internet.
  3. Pilih berdasarkan kandidat terbaik. Kamu bisa lihat rating terbaik dari situs CNET. Oiya, kebetulan saya pakai ExpressVPN dan NordVPN berbayar nanti akan saya ulas di artikel selanjutnya.

Pasang VPN Sendiri

Kalau dilihat-lihat VPN berbayar cukup mahal juga ya … Harga perbulannya bisa sampai $12.

Kalau kamu masih keberatan dengan VPN berbayar dan kamu gak mau pakai VPN gratisan, ada alternatif lainnya, yang lebih murah yakni pasang sendiri VPN dari VPS-mu.

Keuntungan pasang VPN di VPS sendiri yakni:

  1. Log bisa kamu pantau sendiri.
  2. Konfigurasi bisa kamu atur sendiri suka-suka.
  3. Harga jauh lebih murah sekitar $3 ~ $5.

Nah asyik kan?

Benar, tetapi menurut saya kurang efektif dibandingkan kita beli VPN berbayar. Loh kenapa?

Alasannya karena:

  1. Setup nya lumayan rumit.
  2. Memakan waktu. Setup akan lebih rumit jika kamu gak perpengalaman dengan dunia GNU/Linux.
  3. Cuma satu lokasi.
  4. Bandwidth dibatasi bawaan VPS.

Kesimpulan

Pakai VPN biar gak ribet kalau kamu punya masalah dengan pembatasan dari ISP yang kamu pakai.

Kalau mau pakai VPN jangan asal pakai, terutama VPN gratisan jangan dipakai!

Juga jangan asal pilih VPN yang penting murah. Pastikan kamu memilih layanan VPN yang berkredibel bagus sesuai ulasan-ulasan di internet.

Kalau kamu keberatan dengan harga VPN, kamu bisa pasang sendiri VPN dari VPS. Tetapi cara ini kurang efektif menurut saya.

Karena pasang VPN itu lumayan rumit, lebih-lebih jika kamu gak perpengalaman di GNU/Linux. Selain itu kita terbatas pada lokasi dan bandwitdh. Kita hanya bisa pakai satu lokasi.

Bantuan

Bingung dengan istilah dan simbol-simbol dari tulisan ini?

Kamu bisa mempelajari bagaimana cara membacanya di sini.

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *