20230327 08h20m17s grim

Pengalaman dalam Mengulik Kompositor Wayland.

Wayland memiliki perkembangan yang lumayan banyak pada 4 tahun belakangan ini. Mengingat wayland akan dijadikan salah satu bagian penting pada dunia desktop distro GNU/Linux. Saya tidak ketinggalan untuk ikut bagian dalam perkembangan wayland tersebut, mulai dari sekadar menjadi pengguna biasa yang sekadar melakukan kompilasi / compile, ricing, sampai ikut mulai mengembangkan kompositor wayland sendiri, walaupun tidak dari awal / scratch. Berikut adalah pengalaman saya.

Mengulik dan mengembangkan kompositor wayland, haruskah jago programming ?

Ketika bicara tentang pengembangan, apalagi dalam dunia software, yang terlintas dalam benak kita adalah "wah, perlu jago pemrograman / programming dan coding, nih". Ya, memang tidak sepenuhnya salah, programming dan coding memang diperlukan, tapi ada pos lain yang bisa kita ambil jika ingin berpartisipasi dalam pengembangan (dalam hal ini kompositor wayland).

Membantu pengembangan kompositor wayland.

Berikut adalah beberapa bagian atau pos yang bisa diambil untuk membantu pengembangan kompositor wayland :

  • Pengujian / testing.

    Kita bisa menguji beberapa hal seperti :

    • Melakukan kompilasi / compile kode sumber.
    • Menjalankan dan menggunakan hasil kompilasi.
  • Pelaporan issue.

    Setelah kompositor wayland berhasil dikompilasi dan dijalankan, biasanya akan ada issue dan masalah. Saya biasa melaporkannya dengan membuat issue di laman repositori.

  • Mengirim pull request / PR.

    Melaporkan issue kadang hanya memberitahu pengembang jika ada masalah pada kompositornya, beberapa pengguna kadang mengirim pull request yang berisi penyelesaian / perbaikan pada kode.

Kalau boleh tahu, kompositor apa yang sedang dikembangkan ?

Saya mengembangkan kompositor wayland sederhana bernama stage-next. Saya melakukan fork pada repositori stage dan menambah beberapa fitur dan memperbaiki beberapa masalah yang saya temukan. Saya memilih stage sebagai kompositor dasar karena stage memiliki kode yang tidak terlalu banyak, fitur sederhana dan kompilasi yang mudah.

Apa saja yang sudah ditambahkan sejauh ini ?

Belum begitu banyak yg saya tambahkan, tapi saya kira cukup untuk membuat stage-next bisa digunakan untuk keseharian, berikut di antaranya :

  • Menambahkan dukungan touchpad (tap to click) untuk pengguna laptop.
  • Menambahkan fungsi untuk :
    • menutup jendela yang aktif.
    • menutup kompositor.
    • maximize jendela vertikal di kiri / kanan.
    • menggerakkan jendela (move) ke atas, bawah, kiri dan kanan.
    • menambah / mengurangi ukuran (resize) jendela.
    • mengirim jendela ke lapisan bawah dan atas (send to lower & upper).

Wah, jadi ingin coba juga, mulai dari mana ya ?

Saya sarankan untuk bergabung pada forum-forum yang membahas wayland kompositor, bisa di reddit, matrix, ada juga di discord. Bisa juga dengan mengunduh kode sumber lalu memperhatikannya dengan seksama, bisa dimulai dari kompositor sederhana yaitu tinywl, biasanya tersedia ketika kita mengunduh kode sumber wlroots.

20230327 08h20m17s grim
Tampilan sederhana kompositor stage-next, bisa dicoba di https://gitlab.com/lidgl/stage-next.

Penutup.

Berikut tadi adalah sedikit pengalaman saya mengulik kompositor wayland, jika kamu memiliki pengalaman yang serupa, bisa dibagikan di kolom komentar. Jangan berhenti mencari pengalaman baru, mari terus berkembang ! Terima kasih dan sampai jumpa di tulisan berikutnya !

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *