ilustrasi perintah 'sudo'

Perintah “sudo” untuk Menjalankan Perintah sebagai Superuser di GNU/Linux

Di sistem operasi GNU/Linux, ada dua jenis pengguna, yaitu pengguna biasa dan pengguna superuser. Pengguna biasa adalah pengguna yang memiliki hak akses terbatas untuk menjalankan perintah-perintah tertentu. Pengguna superuser adalah pengguna yang memiliki hak akses penuh untuk menjalankan semua perintah, termasuk yang berbahaya atau sensitif.

Pengguna superuser biasanya disebut juga sebagai root atau administrator. Pengguna ini memiliki tanggung jawab besar untuk mengelola sistem secara keseluruhan. Oleh karena itu, pengguna ini harus berhati-hati dalam menjalankan perintah-perintahnya, karena bisa berdampak negatif bagi sistem jika salah.

Untuk menjalankan perintah sebagai superuser, kita bisa menggunakan perintah “sudo” (superuser do). Perintah ini memungkinkan kita untuk menjalankan perintah tertentu sebagai superuser, tanpa harus login sebagai root. Perintah ini juga meminta kita untuk memasukkan password dari pengguna biasa kita, sebagai bentuk verifikasi dan keamanan.

Contohnya:

$ sudo apt update
[sudo] password for user: 
Hit:1 http://id.archive.ubuntu.com/ubuntu focal InRelease
Get:2 http://id.archive.ubuntu.com/ubuntu focal-updates InRelease [114 kB]
...
Reading package lists... Done
Building dependency tree       
Reading state information... Done
All packages are up to date.Code language: Shell Session (shell)

Perintah di atas akan menjalankan perintah “apt update” sebagai superuser, yang berguna untuk memperbarui daftar paket yang tersedia di repositori. Perintah ini membutuhkan hak akses superuser, karena akan mengubah file-file sistem yang penting. Perintah ini juga akan meminta password dari pengguna biasa kita, sebelum menjalankan perintahnya.

Dengan menggunakan perintah “sudo”, kita bisa menjalankan perintah-perintah yang membutuhkan hak akses superuser, tanpa harus login sebagai root. Perintah ini juga lebih aman dan praktis daripada login sebagai root, karena kita tidak perlu mengingat password root, dan kita bisa mengontrol perintah-perintah apa saja yang bisa dijalankan dengan sudo.

Demikian artikel tentang menggunakan perintah “sudo” untuk menjalankan perintah sebagai superuser di GNU/Linux. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *