Jika sudah paham mengenai pengertian dari GTK+, langkah selanjutnya adalah mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membangun aplikasi menggunakan pustaka GTK+ ini, dan menggunakan tool apa sajakah yang direkomendasi, serta sistem operasi apa sajakah yang perlu disiapkan.

Memasang GTK+ Devel

Pertama-tama untuk belajar GTK+ sudah tentu pasti kita harus memasangnya dulu. Ada berbagai macam cara untuk memasang GTK+, dan tiap sistem operasi berbeda beda. Untuk sementara di sini, saya hanya mencontohkan pemasangan GTK+ devel bagi Anda pengguna GNU/Linux untuk distro Ubuntu dan Arch linux beserta derivatifnya saja.

Pengguna Ubuntu dan derivatifnya.

sudo apt-get install gnome-devel

Pengguna Archlinux dan derivatifnya.

sudo pacman -S gtk3

Pemahaman Bahasa Pemrograman

Diharapkan pembaca sudah memahami dan menguasai dasar-dasar bahasa pemrograman C, jika belum lebih baik pelajarinya terlebih dahulu agar langkah-langkah yang ada di sini tidak menyulitkan, karena secara garis besar di situs ini tidak akan menjelaskan baris kode mengenai C, akan tetapi fokus pada GTK+ nya saja.

Berlaku pula dengan bahasa pemrograman lainnya, akan tetapi fokus tulisan perdana di situs GTK+ ini adalah dengan bahasa pemrograman C terlebih dahulu baru kemudian bahasa pemrograman lainnya.

IDE atau Text Editor pendukung

Untuk IDE Anda bisa menggunakan Gnome Builder (disarankan ) atau Code Blocks untuk aplikasi text editor Anda bisa menggunakan Geany (disarankan ), Gedit, dan lain sebagainya.