- 0 Komentar

Tahun Baru Domain Lama

Ali
4 minutes read
Miscellaneous

Perjuangan dan penantian kini membawakan hasil. Setelah sekian lama menunggu, akhirnya domain situsali.com bisa dimiliki. 👏

Berawal karena saya tergiur promo domain dot id yang harganya relatif lebih murah dari dot com. Makanya saya putuskan untuk menggantinya.

Di samping karena promo, domain dot id diklaim jauh lebih aman dibandingkan dot com. Sejujurnya saya sendiri belum tau, aman dari sisi mananya. Apakah aman dari sisi data pribadi atau lainnya. Tapi yang jelas mereka mengklaim jauh lebih aman.

Pernyataan saya mengganti domain bisa kamu baca di sini:

Ditulisan tersebut saya sudah mewanti-wanti diri sendiri bahwa pergantian domain akan mempengaruh SEO. Saya hiraukan, karena saya pikir bisa dipush lagi, tinggal promosiin lagi aja. Tapi kenyataannya, setalah mengganti domain justru pengunjung situsali menjadi berkurang drastis.

Turunnya penggunjung tidak serta-merta dipengaruhi oleh berganti domain juga. Ada faktor lainnya, seperti saya lama gak update, lama mogok nulis.

Gonta-ganti Plaform

Lebih-lebih lagi, tahun kemarin saya lagi seneng-senengnya bereksperimen dengan bergonta-ganti platform mulai dari WordPress, Static Site, bahkan sampai buat platform sendiri.

Ketika menggunakan static site, saya sibuk optimasi dan membuat tema. Karena dirasa tema yang ada tidak cocok dengan apa yang saya mau.

Meski demikan, itu tetap membuahkan hasil. Tema yang saya buat tersebut, bisa dipakai di WordPress, seperti yang kamu lihat saat ini.

Keinginan mendasar saya beralih ke static site, karena gak mau ngeluarin duit buat sewa VPS. Sampai akhirnya saya berfikir ulang, bahwa mengeluarkan duit untuk keperluan blogging, sepertinya worth it. Karena sejujurnya, blog ini menghasilkan uang kok, meskipun gak banyak.

Memasuki Desember 2020, saya putuskan untuk kembali lagi menggunakan WordPress, mudah-mudah gak tergiur lagi buat ganti platform dengan alasan apapun. Kecuali mungkin memang ada tujuan bisnis yang memang mengharuskan untuk diubah.

Oke, pembahasan mengenai gonta-ganti platform cukup. Kembali kepembahasan berganti domain.

Merebut Kembali Domain Situsali.com

Pada saat saya sedang sibuk-sibuknya dengan platform baru (gak pake WP). Sampai lupa memperpanjang domain situsali.com. Meskipun sudah dinotifikasi melalui surel sebelum kadaluarsa.

Namun kenyataannya saya malah abai, sampai penyesalan pun tiba. Domain situsali.com direbut orang dari negeri seberang,

Entah mengapa domain ini diambil, apa karena namanya mengandung arti yang bagus atau karena unik, entahlah. Yang jelas, domain situsali.com direbut orang sudah menjadi pukulan buat saya.

Karena masih gak rela domain ini diparkir orang, saya mencoba memantaunya tiap bulan, apakah domain ini diperpanjang untuk tahun berikutnya atau tidak.

Jika tidak diperpanjang saya akan merebutnya kembali. Tetapi, kalau tidak diperpanjang, ya sudahlah, pasrah saja, relakan kepergiannya menjauh di sana.

Awal memantau, masa kadaluarsa domain situsali.com adalah bulan Oktober 2020 kemaren. Pada saat sudah memasuki Oktober, saya memantau kembali, putus harapan di sini. Karena domainnya diperpanjang, otomatis saya gak bisa merebutnya, dan mesti menunggu hingga kadaluarsa lagi.

Tapi setelah diperpanjang, saya gak ngerti situsali.com kenapa gak bisa diakses? Saya curiga ini sebenarnya diperpanjang atau tidak? Atau sipemilik situs hanya membatasi negaranya saja yang boleh buka? Entah karena apa.

Sebagaimana peraturan kepemilikan domain, jika sudah kadaluarsa tidak bisa kita langsung mengambil alih kepemilikan. Kita mesti menunggu setidaknya 80 hari, baru bisa diambil alih. Jika memang itu sudah kadaluarsa, berarti saya bisa klaim sekitar awal tahun baru 2021.

Di pagi hari, tanggal 3 Januari 2021, kamarin saya mencoba cek, keberuntungan memihak. Ternyata situsali.com sudah tidak berpemilik 🎉 dan dengan segera secepat kilat, saya beli lagi domainnya, takut, diambil orang lagi wkwkwkw.

Alhamdulillah, perjuangan dan penantian membawakan hasil 🎉🎊. Gak sia-sia mantengin setahun lebih wkwkwk.

Sejujurnya ini saya gak mengerti kenapa bisa diambil alih. Padahal kalau saya lihat, kadaluarsa dari domain situsali.com adalah di bulan Oktober 2021. Tapi, sudahlah … masabodo, saya gak pikirin. Yang penting sekarang domainnya sudah jadi milik saya hahaha.

Seharusnya saya merebut domain ini ditanggal 2 Januari 2021, biar jadi tanggal cantik 2-1-21 😅. Tapi karena didaftarnya pas tanggal 3 ya sudahlah. Tanggal cantiknya saya jadikan ulang tahunnya aja, supaya gampang diingat.

Gimana Nasib Situsali.id?

Karena domain sudah kembali menjadi situsali.com, domain situsali.id yang sudah terlanjur ada, biar gampang balikin index google. Semua yang domain situsali.id saya redirect ke situsali.com.

%d bloggers like this: