ilustrasi programmer

Alat Pengembangan Terbaik untuk Programmer di GNU/Linux

Jika kamu seorang programmer yang menggunakan sistem operasi Linux, Anda mungkin sudah familiar dengan beberapa IDE (Integrated Development Environment) yang tersedia secara gratis dan open source. IDE adalah perangkat lunak yang menyediakan berbagai fitur untuk membantu kamu menulis, mengedit, menjalankan, dan menguji kode Anda. Beberapa IDE bahkan mendukung lintas platform, sehingga kamu dapat menggunakannya di Windows, Mac, atau GNU/Linux.

Namun, dengan begitu banyak pilihan IDE FOSS (Free and Open Source Software) yang ada, bagaimana Anda bisa memilih yang terbaik untuk kebutuhan kamu? Artikel ini akan memberikan ulasan singkat tentang beberapa IDE FOSS yang populer dan berguna untuk programmer di GNU/Linux. Kami juga akan memberikan tautan ke situs web resmi masing-masing IDE, di mana kamu dapat menemukan informasi lebih lanjut dan cara mengunduhnya.

Geany

Geany adalah IDE ringan dan stabil yang berbasis pada Scintilla dan GTK. Geany mendukung lebih dari 50 bahasa pemrograman, termasuk C, C++, Java, Python, HTML, CSS, JavaScript, dan lainnya. Geany juga memiliki fitur-fitur seperti penyorotan sintaksis, penyelesaian kode otomatis, pencarian dan penggantian dengan ekspresi reguler, cetak dan pratinjau cetak, panel sisi dengan penjelajah file terintegrasi, pemeriksa ejaan, dan banyak lagi. Geany juga dapat diperluas dengan plugin yang dapat ditambahkan oleh pengguna.

Situs web resmi Geany adalah https://www.geany.org/.

Kate

Kate adalah editor teks canggih yang merupakan bagian dari proyek KDE. Kate memiliki fitur-fitur seperti dukungan multi-tab, penyorotan sintaksis untuk banyak bahasa pemrograman dan format file, penyelesaian kode otomatis berdasarkan LSP (Language Server Protocol), integrasi terminal bawaan, manajer proyek, mode penyuntingan modal seperti Vim, dan banyak lagi. Kate juga mendukung plugin yang dapat menambahkan fitur-fitur tambahan seperti pemeriksaan kode, format kode, integrasi Git, dan lainnya.

Situs web resmi Kate adalah https://kate-editor.org/.

Gedit

Gedit adalah editor teks bawaan dari lingkungan desktop GNOME. Gedit dirancang untuk menjadi sederhana dan mudah digunakan, tetapi juga memiliki fitur-fitur yang berguna untuk pengembangan perangkat lunak. Beberapa fitur tersebut adalah penyorotan sintaksis untuk berbagai bahasa pemrograman dan format file, pencarian dan penggantian dengan ekspresi reguler, dukungan multi-tab, panel sisi dengan penjelajah file terintegrasi, pemeriksa ejaan, dukungan Unicode penuh, dan lainnya. Gedit juga dapat diperluas dengan plugin yang tersedia di repositori resmi atau dibuat oleh pengguna.

Situs web resmi Gedit adalah https://wiki.gnome.org/Apps/Gedit.

Lapce

Lapce adalah IDE baru yang ditulis dalam Rust dengan UI dalam Floem (yang juga ditulis dalam Rust). Lapce didesain dengan Rope Science dari Xi-Editor yang membuatnya sangat cepat dalam komputasi, dan menggunakan Wgpu untuk rendering. Beberapa fitur Lapce adalah dukungan LSP (Language Server Protocol) bawaan untuk memberikan fitur-fitur kode cerdas seperti penyelesaian kode, diagnostik dan tindakan kode, dukungan pengembangan jarak jauh terinspirasi oleh VSCode Remote Development, plugin yang dapat ditulis dalam bahasa pemrograman apa pun yang dapat dikompilasi ke format WASI (C, Rust, AssemblyScript), terminal bawaan, dan banyak lagi.

Situs web resmi Lapce adalah https://lapce.dev/.

Lite

Lite adalah editor teks ringan yang ditulis dalam C dengan antarmuka grafis berbasis SDL. Lite dirancang untuk menjadi cepat dan responsif dalam mengedit file teks besar atau banyak file sekaligus. Lite mendukung penyorotan sintaksis untuk banyak bahasa pemrograman seperti C/C++, Lua, Python, HTML/CSS, JavaScript, dan lainnya. Lite juga memiliki fitur-fitur seperti pencarian dan penggantian global, penyelesaian kode otomatis, multi-kursor, multi-tab, dan lainnya. Lite juga dapat diperluas dengan plugin yang ditulis dalam Lua.

Situs web resmi Lite adalah https://github.com/rxi/lite.

CudaText

CudaText adalah editor teks lintas platform yang ditulis dalam Object Pascal dengan menggunakan Lazarus IDE. CudaText memiliki fitur-fitur seperti penyorotan sintaksis untuk banyak bahasa pemrograman dan format file, penyelesaian kode otomatis, pencarian dan penggantian dengan ekspresi reguler, cetak dan pratinjau cetak, panel sisi dengan penjelajah file terintegrasi, pemeriksa ejaan, penyesuaian font dan warna, operasi blok, bahasa skrip, dan lainnya. CudaText juga mendukung plugin yang dapat menambahkan fitur-fitur baru dan memperbaiki fitur-fitur yang ada.

Situs web resmi CudaText adalah https://cudatext.github.io/.

VSCodium

VSCodium adalah distribusi biner berlisensi bebas dari editor VS Code milik Microsoft. VSCodium dibuat agar Anda tidak perlu mengunduh dan membangun dari sumber. Proyek ini mencakup skrip pembangunan khusus yang mengkloning repositori vscode milik Microsoft, menjalankan perintah pembangunan, dan mengunggah biner yang dihasilkan ke GitHub releases. Biner ini dilisensikan di bawah lisensi MIT. Telemetri dinonaktifkan. Jika Anda ingin membangun dari sumber sendiri, kunjungi repositori vscode milik Microsoft dan ikuti instruksinya.

Situs web resmi VSCodium adalah https://vscodium.com/.

VIM

VIM adalah editor teks berbasis terminal yang sangat populer di kalangan pengguna Linux. Administrator Sistem Linux terutama sering memilihnya daripada editor lain. VIM adalah versi yang sangat ditingkatkan dari editor UNIX lama Vi. Banyak fitur baru yang ditambahkan: undo multi-level, penyorotan sintaksis, riwayat baris perintah, bantuan online, pemeriksaan ejaan, penyelesaian nama file, operasi blok, bahasa skrip, dll. VIM juga mendukung mode penyuntingan modal seperti Vim, dan dapat diubah sesuai dengan keinginan Anda menggunakan kode Vimscript atau antarmuka grafis.

Situs web resmi VIM adalah https://www.vim.org/.

Neovim

Neovim adalah versi modern dari VIM yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan ekstensibilitas editor. Neovim memiliki fitur-fitur seperti API yang dapat diperluas, komunikasi terstruktur dengan MessagePack, plugin jarak jauh yang berjalan sebagai co-processes, GUIs, IDEs, browser web dapat menyematkan Neovim sebagai editor atau host skrip, plugin Lua yang mudah dibuat seperti plugin Vimscript, mesin parsing yang menghasilkan AST untuk penyorotan sintaksis yang lebih cepat dan akurat, navigasi kode, refactoring, objek teks, dan gerakan. Neovim juga memiliki klien LSP (Language Server Protocol) bawaan untuk pemeriksaan dan refactoring kode semantik (go-to definition, “find references”, format, dll).

Situs web resmi Neovim adalah https://neovim.io/.

Nano

Nano adalah editor teks berbasis terminal yang mudah digunakan dan ramah pemula. Nano dirancang untuk menjadi sederhana dan intuitif, tetapi juga memiliki fitur-fitur yang berguna untuk mengedit file teks biasa atau konfigurasi. Beberapa fitur tersebut adalah penyorotan sintaksis untuk beberapa bahasa pemrograman dan format file, pencarian dan penggantian dengan ekspresi reguler atau kasus sensitif, dukungan multi-buffer, dukungan Unicode penuh, auto-indentasi, pembungkus teks otomatis atau manual, tampilan nomor baris atau posisi kursor, dan lainnya. Nano juga mendukung beberapa pintasan keyboard untuk mempermudah navigasi dan penyuntingan.

Situs web resmi Nano adalah https://www.nano-editor.org/.

GNU Emacs

GNU Emacs adalah editor teks perangkat lunak bebas yang merupakan komponen utama dari proyek GNU dan proyek unggulan dari gerakan perangkat lunak bebas. GNU Emacs dibuat oleh pendiri proyek GNU Richard Stallman , berdasarkan editor Emacs yang dikembangkan untuk sistem operasi Unix . GNU Emacs memiliki fitur-fitur seperti mode penyuntingan sadar konten yang dapat menyesuaikan diri dengan berbagai jenis file teks, bahasa pemrograman, dan format file, penyelesaian kode otomatis, pencarian dan penggantian dengan ekspresi reguler, integrasi terminal bawaan, dukungan multi-tab, multi-buffer, dan multi-window, dukungan Unicode penuh, pemeriksa ejaan, dan banyak lagi. GNU Emacs juga dapat diperluas dengan plugin yang ditulis dalam bahasa skrip Emacs Lisp.

Situs web resmi GNU Emacs adalah https://www.gnu.org/software/emacs/.

Demikianlah beberapa IDE FOSS yang dapat kamu gunakan untuk pengembangan perangkat lunak di GNU/Linux. Semua IDE tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga kamu dapat memilih yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan kamu wawasan baru tentang IDE FOSS. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *