Tips Mudah Merotasi Video dengan FFmpeg

Pernah Anda merekam video melalui smartphone dalam keadaan terbentang (landscape)? Tentu dengan demikian hasilnya pun akan terbentang. Mungkin ketika diputar di smartphone atau gawai lainnya seperti tablePC, tidaklah menjadi masalah. Akan menjadi masalah pada saat Anda memputarnya di komputer, video tersebut akan miring 90 derajat, akibatnya sulit untuk dilihat.

Tips trik kali ini, saya akan memberikan tentang bagaimana cara mudah merotasi video menjadi sesuai pada saat diputar di komputer atau layar, menggunakan aplikasi yang bebas dan powerful yakni FFmpeg. Sebelum memulai pastikan Anda sudah memiliki FFmpeg. Bagi Anda pengguna GNU/Linux bisa memasangnya sesuai dengan distro yang Anda gunakan. Bagi Anda pengguna Windows dan MacOS, Anda dapat mengunduh FFmpeg di situs resminya. Juga, pastikan Anda menggunakan versi terbaru dari FFmpeg.

Cara Penggunaan

Langsung saja kita mulai. Perintah untuk merotasi video adalah sebagai berikut:

ffmpeg -i input.mkv -c:a copy -vf "transpose=0" output.mkv

Anda bisa mengganti nilai rotasinya pada transpose=1 menjadi nilai berikut:

Gambar Normal:

0 90 CounterClockwise and Vertical Flip (default)
1 90 Clockwise
2 90 CounterClockwise
3 90Clockwise and Vertical Flip

Khusus untuk 180 derajat gunakan perintah: -vf "transpose=2,transpose=2". Jika video Anda tanpa suara, maka perintah -c:a copy dapat Anda hilangkan.

Tahap Praktek

Lihat video berikut aslinya miring 90 derajat ke kiri (lawan arah jam), artinya kita harus memutar 90 derajat ke arah jam (90 Clockwise).

[video width=”640” height=”1136” mp4=”https://situsali.com/wp-content/uploads/2017/04/situsali-contoh1.mp4”][/video]

ffmpeg -i input.mp4 -vf "transpose=1" output.mp4

Hasilnya:

[video width=”1136” height=”640” mp4=”https://situsali.com/wp-content/uploads/2017/04/situsali-contoh-hasil.mp4”][/video]

Nah Mudah bukan? 😅 Semoga bermanfaat.