Update Pacman 4.2.0 Pada Archlinux Sekarang

pacman4.2-ss1
Pada tanggal 19 Desember 2014 pacman versi 4.2.0 telah dirilis. Kita tahu bahwa pacman merupakan salah satu aplikasi paling penting di Archlinux, dikarenakan pacman merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengatur atau memenejemen paket aplikasi seperti menginstal dan menghapus aplikasi di Archlinux.
Maka tidak diherankan pacman merupakan aplikasi paling penting di Arch. Seperti halnya apt-get di Ubuntu. Dalam artikel ini saya hanya terfokus pada cara update pacman itu sendiri, tidak membahas kelebihan ataupun perubahan (change log), untuk hal itu Anda bisa baca sendiri di arch news.
Sebelum Anda memulai update pacman Anda ke versi 4.2.0 pertama-tama Anda hapus dahulu beberapa dependensi pendukung pacman.
sudo pacman -R python-packagekit packagekit
Kemudian lakukan upgrade sistem.
sudo pacman -Syu
Setelah sistem Anda diupgrade, langkah selanjutnya mengupgrade database pacman itu sendiri.
sudo pacman-db-upgrade
Jika Anda menggunakan aplikasi yaourt. Anda perlu mengupdate pula yaourt Anda jika tidak Anda tidak akan bisa menggunakan yaourt dengan sebagai mana mestinya. Yaourt yang lama mengikuti pacman versi lama pula. Pada pacman versi 4.1 menggunakan library libalpm versi 8, sedangkan 4.2 menggunakan versi 9 jadi yaourt pun juga harus diupdate. Caranya sebagai berikut:
sudo pacman -S yaourt package-query
Selesai sekarang pacman dan yaourt Anda bisa digunakan dengan sebagaimana mestinya. Jika ada paket dari AUR yang perlu Anda update pula, maka jalankan yaourt sebagai berikut:
yaourt -Syua --noconfirm
Semoga bermanfaat