- 1 Komentar

WordPress Menghilangan Notifkasi FTP Credentials di GNU/Linux

Ali
2 minutes read
Tech

Kali ini saya mempostingkan sebuah artikel mengenai WP yang mana menurut saya cukup penting terutama bagi pengguna Linux ataupun Mac, dimana ada suatu kejanggalan yang cukup mengganggu ketika WP yang kita install di localhost OS Linux, ada notifikasi FTP Credentials nya. Untuk lebih jelasnya mari baca artikel ini.

Salah fitur dari WP adalah kita bisa menginstall Theme ataupun Plugin secara langsung jika online. Ketika WP kita di-Install di Linux ataupun MacOS pada saat kita menginstal Theme atau Plugin secara online kita akan dihadapkan dengan error yang mana WP meminta FTP Credentials seperti gambar di bawah ini:

wp-ftp-credentials

Menjengkelkan bukan? kita disuruh mengisi Hostname, FTP Username dan FTP Password. Meskipun hal ini bisa diakali dengan menginstal FTP Server pada mesin komputer kita. Ada salah satu cara yang cukup mudah tanpa kita harus menginstal FTP Server, yakni menambahkan satu baris kode pada file wp-config.php, cara nya sebagai berikut:

Pertama Anda ubah dulu permission WP Anda ke 777 agar dapat dibaca dan tulis.

sudo chmod 777 -R /opt/lampp/htdocs/wp

wp-ftp-credential-2

Kemudian edit file wp-config.php dan tambahkan kode berikut:

define(‘FS_METHOD’,’direct’);

wp-ftp-cre

Simpan, coba Anda install Theme atau Plugin secara online bisakah seperti gambar berikut?
wp-ftp-credential-3
Jika sudah seperti gambar di atas, berarti cara Anda sudah benar dan Anda bisa langsung install Theme ataupun Plugin WP Anda secara online. Semoga bermanfaat.
%d bloggers like this: